EVALUASI PROGRAM KURIKULUM 2013 PADA SEKOLAH BERBASIS FULL DAY SCHOOL DI SD NEGERI DEMANGAN YOGYAKARTA

DEVIANA HIDAYAH, NIM. 14490070 (2018) EVALUASI PROGRAM KURIKULUM 2013 PADA SEKOLAH BERBASIS FULL DAY SCHOOL DI SD NEGERI DEMANGAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img] Text (EVALUASI PROGRAM KURIKULUM 2013 PADA SEKOLAH BERBASIS FULL DAY SCHOOL DI SD NEGERI DEMANGAN YOGYAKARTA)
14490070_BAB -I_IV_atau_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Updated Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img]
Preview
Text (EVALUASI PROGRAM KURIKULUM 2013 PADA SEKOLAH BERBASIS FULL DAY SCHOOL DI SD NEGERI DEMANGAN YOGYAKARTA)
14490070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

yang berbasis full day school dengan cara melakukan sebuah evaluasi, yaitu evaluasi program. Mendapatkan informasi terkait hasil evaluasi program kebijakan program pendidikan di lembaga pendidikan di Indonesia. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi pihak sekolah SD Negeri Demangan sebagai bahan evaluasi sekaligus masukan sehubungan dengan adanya penerapan kurikulum 2013 yang berbasis full day school dalam meningkatkan mutu pendidikan di lembaga pendidikan. CSE-UCLA merupakan salah satu jenis evaluasi program yang terdiri dari singkatan Center for the Study of Evaluation-University of California in Los Angeles. Ciri dari jenis ini ialah terdapat 5 tahapan dalam melakukan evaluasi, yaitu perencanaan, pengembangan, implementasi, hasil dan dampak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, siswa, bagian kurikulum, wali murid. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik seta mengacu pada landasan teori. Peneliti menguraikan hasil yang didasarkan pada data diperoleh dari lapangan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kurikulum 2013 merupakan kebijakan pemerintah yang masih harus dikaji kembali dan perlu adanya sosialisasi dan bimbingan teknik (Bimtek) bagi pendidik yang baru memahami kurikulum 2013. Seperti yang diterapkan di SD Negeri Demangan, kurikulum 2013 baru diterapkan dan diaplikasikan sejak ditetapkannya kurikulum 2013 yang baru saja diterapkannya kurikulum tersebut di sekolah tersebut. Walaupun dirasa ada kendala yang dihadapi, namun tetap harus mengikuti pemerintah pusat, (2) Program sekolah 5 hari dengan sistem satu hari penuh di sekolah, belum semua sekolah menerapkannya, namun di SD Negeri Demangan menyetujui adanya hal itu karena bisa meminimalisir sedikit waktu yang terbuang dan kosong serta memaksimalkan pembelajaran di sekolah dengan lebih fokus dan serius. RPP dan Silabus yang disusun oleh pemerintah dan SD Negeri sudah memenuhi sesuai dengan empat standar kurikulum 2013, yaitu standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, dan standar penilaian, (3) evaluasi membuktikan bahwa adanya keterkaitan antara kurikulum 2013 dengan full day school yang diterapkan disana dan berdampak bagi sistem sekolah dengan diketahui melelui tahapan perencanaan, pengembangan, implementasi, hasil, dan dampak dari penerapan kedua program tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Subiyantoro, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program Pendidikan, Full Day School, Kurikulum 2013.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Mar 2019 09:21
Last Modified: 05 Mar 2019 09:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33550

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum