EKSPERIMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PENINGKATAN MUFRADĀT BAHASA ARAB SISWA KELAS VII DI MTS NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARATA TAHUN AJARAN 2017/2018

NORHASANAH, NIM. 14420095 (2018) EKSPERIMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PENINGKATAN MUFRADĀT BAHASA ARAB SISWA KELAS VII DI MTS NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARATA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PENINGKATAN MUFRADĀT BAHASA ARAB SISWA KELAS VII DI MTS NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARATA TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420095_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PENINGKATAN MUFRADĀT BAHASA ARAB SISWA KELAS VII DI MTS NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARATA TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420095_BAB II - sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwasanya ilmu dunia salah satu syaratnya dapat memahami bahasa Arab dalam agama islam, saat-saat ini bahasa Arab tertinggal jauh baik dari segi metode, semangat belajar peserta didik, maupun metode dalam menyampaikan suatu pelajaran. Hal tersebut berdampak pada proses belajar mengajar dalam pembelajaran bahasa Arab sehingga sedikit mufradat yang mereka kuasai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan perbedaan yang signifikan dalam kemampuan mufradat bahasa Arab siswa dengan menggunakan permainan tradisional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah eksperimen. Sampel dalam pene;itian ini adalah adalah siswa kelas VII B sebagai kelompok kontrol dan kelas VII C sebagai kelompok eksperimen. Adapun teknik pengambilan data adalah observasi, tes, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan permaiann tradisional terhadap kemampuan mufradat pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata pretest sebanyak 49,5 dan posttest sebanyak 82,25.sedangkan kelompok kontrol menunjukkan nilai rata-rata pretest sebanyak 46,94 dan posttest sebanyak 75,28 dimana pada kelompok ini menggunakan metode ceramah dan tanya jawab langkah selanjutnya analisis data melalu uji T jenis independent samples test terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan mufradat bahasa Arab siswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol dilihat dari perolehan sig. (2 tailed) 0,001 < 0,05 dan peneliti juga menggunakan uji T jenis paired samples test dimana sig. (2 tailed) 0,000 < 0,05, sesuai dengan pedoman pengambila keputusan maka dapat diputuskan bahwa terdapat perbedaan antara keduanya yaitu H0 ditolak dan H� diterima. Kata kunci: Eksperimentasi, Permainan Tradisional, kemampuan Mufradat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurul Huda, S.S., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Eksperimentasi, Permainan Tradisional, kemampuan Mufradat
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Mar 2019 15:00
Last Modified: 21 Mar 2019 15:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33575

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum