Dirasah muqaranah injaz maharah al kalam bayna tulab al madrasah al thanawiyah li al mu'allimin al muhammadiyah wa al madrasah al thanawiyah al mumtaz Yogyakarta fi al 'am al dirasiy 2017 - 2018

Muhammad Syaiful Bahri Hidayat, NIM. 14420102 (2018) Dirasah muqaranah injaz maharah al kalam bayna tulab al madrasah al thanawiyah li al mu'allimin al muhammadiyah wa al madrasah al thanawiyah al mumtaz Yogyakarta fi al 'am al dirasiy 2017 - 2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Dirasah muqaranah injaz maharah al kalam bayna tulab al madrasah al thanawiyah li al mu'allimin al muhammadiyah wa al madrasah al thanawiyah al mumtaz Yogyakarta fi al 'am al dirasiy 2017 - 2018)
14420102_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (Dirasah muqaranah injaz maharah al kalam bayna tulab al madrasah al thanawiyah li al mu'allimin al muhammadiyah wa al madrasah al thanawiyah al mumtaz Yogyakarta fi al 'am al dirasiy 2017 - 2018)
14420102_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini untuk mengetahui prestasi maharah kalam siswa Madrasah Muallimin Muhammadiyah yang telah dirintis sejak tahun 1918 atau hampir seabad yang lalu dan prestasi maharah kalam siswa Madrasah Tsanawiyah Al Mumtaz yang baru dirintis pada Tahun 2015, kedua madrasah ini sama-sama memiliki keinginan yang tinggi dalam mencetak siswa yang mampu berkomunikasi menggunakan bahasa arab dengan baik. Hal ini menarik untuk meneliti perbedaan prestasi maharah kalam antara kedua madrasah ini juga sama-sama mewajibkan kepada seluruh siswanya untuk tinggal di asrama dan wajib berkomunikasi dengan bahasa Arab dalam kegiatan sehari-hari. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif, sedangakan jenis penelitiannya adalah penelitian komparasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan jumlah sampel penelitian ini sebanyak 42 orang untuk Madrasah Tsanawiyah Muallimin Muhammadiyah dan 30 orang untuk Madrasah Tsanawiyah Al Mumtaz Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan : Pertama, bahwa nilai rata-rata prestasi maharah kalam siswa Madrasah Tsanawiyah Muallimin Muhammadiyah sebesar 72,95. Kedua, rata-rata prestasi maharah kalam siswa Madrasah Tsanawiyah Al Mumtaz sebesar 69,40. Ketiga, perbedaan prestasi belajar berdasarkan hasil uji “t” antara kedua Madrasah ini menghasilkan (2-tailed) = 0,001 yaitu lebih kecil dari 0,05 sesuai dengan dasar pengambilan keputusan uji T bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan dilihat dari hasil T hitung adalah sebesar 3,493 lebih besar dari T tabel dengan Df 70 yang hanya 1,994. Oleh karena itu dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang sigifikan antara prestasi maharah kalam siswa Madrasah Tsanawiyah Muallimin Muhammadiyah dan siswa Madrasah Tsanawiyah Al Mumtaz Yogyakarta. Kata Kunci : Maharah Kalam, Studi Komparasi, MTs Muallimin, MTs Al Mumtaz.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Ja'far Shodiq, S.Pd., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Maharah Kalam, Studi Komparasi, MTs Muallimin, MTs Al Mumtaz.
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Mar 2019 15:01
Last Modified: 21 Mar 2019 15:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33576

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum