PENANAMAN NILAI-NILAI ENTREPRENEURSHIP PADA ANAK USIA DINI MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER DI KELOMPOK B RA SEMAI BENIH BANGSA AL FIKRI MANCA KRETEK

HERU ASRI SUBEKTI C PENDIDIKAN, 144330013 (2018) PENANAMAN NILAI-NILAI ENTREPRENEURSHIP PADA ANAK USIA DINI MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER DI KELOMPOK B RA SEMAI BENIH BANGSA AL FIKRI MANCA KRETEK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI-NILAI ENTREPRENEURSHIP PADA ANAK USIA DINI MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER DI KELOMPOK B RA SEMAI BENIH BANGSA AL FIKRI MANCA KRETEK)
14430013_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI ENTREPRENEURSHIP PADA ANAK USIA DINI MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER DI KELOMPOK B RA SEMAI BENIH BANGSA AL FIKRI MANCA KRETEK)
14430013_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Salah satu bidang yang menunjang perkembangan sebuah bangsa adalah melalui kegiatan kewirausahaan (entrepreneurship). Pencetakan wirausaha sangat perlu dilakukan sejak dini. Pencetakan wirausaha yang dimulai sejak usia dini bukan berarti mengajarkan teori berwirausaha secara nyata akan tetapi mengajarkan anak untuk dapat memiliki karakter yang dimiliki oleh seorang entrepreneur. Karaker tersebut tertuang dalam nilai-nilai entrepreneurship, di dalamnya terdapat karakter-karater yang baik untuk ditanamkan pada anak tentunya dengan cara dan metode yang sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penanaman nilai- nilai entrepreneurship pada anak usia dini melalui pendidikan karakter yang dilaksanakan di RA Semai Benih Bangsa Al Fikri Manca. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang dapat mendukung dan menghambat penanaman nilai-nilai entrepreneurship pada anak usia dini melalui pendidikan karakter di kelompok B RA Semai Benih Bangsa Al Fikri Manca Kretek. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam proses analisis data, peneliti melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah penanaman nilai-nilai entrepreneurship di kelompok B RA Semai Benih Bangsa Al Fikri Manca Kretek dilaksanakan melalui pendidikan karakter. Pendidikan karakter menggunakan metode dari IHF yaitu pendidikan sembilan pilar karakter yang dijadikan karateristik yang dimiliki oleh RA Semai Benih Bangsa Al Fikri Manca Kretek. Proses penanaman nilai- nilai entrepreneurship dilakukan melalui knowing, feeling dan acting. Kegiatan knowing dilaksanakan untuk mengenalkan anak terhadap konsep dan pengertian karakter dan nilai-nilai entrepreneurship yang diajarkan. Kegiatan feeling dilakukan dengan cara membacakan cerita atau dongeng kepada anak, sedangkan kegiatan acting dilakukan melalui kegiatan mempraktikan atau bermain peran. Faktor yang mendukung proses penanaman nilai-nilai entrepreneurship meliputi, komunilasi yang baik, pemahaman mengenai perasaan anak, sumber dan media, tenaga kependidikan. Sedangkan faktor yang menghambat adalah ketidak sesuaian dengan RKH, perbedaan latar belakang dan pola asuh serta kondisi atau suasana hati anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rohinah, S.Pd.I., M.A.
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Entrepreneurship,Anak Usia Dini, Pendidikan Karakter
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Mar 2019 11:04
Last Modified: 06 Mar 2019 11:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33586

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum