PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSIF

BENI AZWAR, NIM.1130017010 (2018) PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSIF. Doctoral thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSIF)
1130017010_BAB-1_V_ DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSIF)
1130017010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (36MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah tentang pelayanan BK pada anak berkebutuhan khusus (ABK) di tiga sekolah inklusif. Layanan BK di sekolah selama ini diperuntukkan untuk anak normal bermasalah dan anak berbakat khusus dengan IQ relatif tinggi, tetapi untuk ABK dengan berbagai keterbatasan belum menjadi bagian wilayah layanan BK, meskipun program pendidikan inklusif juga ada beberapa sekolah yang meresponnya. Adapun sekolah inklusif untuk objek penelitian adalah MAN 2 Payakumbuh untuk ABK tunanetra, SMKN 2 Bukititinggi dengan ABK Low vision dan slow learner, dan SMA Muhammadiyah Curup dengan ABK tunanetra, tunagrahita, tunarunggu dan autis ringan. Rumusan masalah penelitian ini layanan BK seperti apakah yang ideal bagi ABK berdasarkan pengalaman di tiga sekolah inklusif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui layanan BK yang ideal bagi ABK di tiga Sekolah Inklusif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis-deskriptif, artinya melakukan analisis terhadap layanan BK bagi ABK di tiga sekolah inklusif. Penelitian ini melihat layanan BK bagi ABK di tiga sekolah yang melaksanakan pendidikan inklusif dan bagaimana BK berperan dalam menjalankan tugas dan fungsinya di sekolah inklusif tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan BK yang ideal bagi ABK di tia sekolah inklusif. Pertama, telah terlaksana layanan orientasi, informasi, penguasaan konten, bimbingan kelompok dan konseling perorangan, layanan konsultasi, dengan materi bimbingan keberagamaan, pribadi, sosial, karir dan belajar. Kedua, layanan BK untuk ABK cenderung menggunakan pendekatan behavioristik dan berpusat pada guru BK. Sedangkan layanan yang sering digunakan adalah layanan konselling individual. Ketiga, aplikasi instrumentasi sebagai pendukung layanan BK di tiga sekolah belum ditemukan instrumen khusus untuk ABK. Keempat, layanan BK bagi ABK belum optimal karena kurangnya WPKNS (wawasan, pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap), terutama untuk ABK tunagrahita, autis dan tunarunggu. Kelima, layanan BK bagi ABK untuk sekolah dengan 1 jenis ABK lebih mudah dibanding banyak jenis ABK.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: Prof. H. Nizar, MA.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling (BK), Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), dan Sekolah Inklusif
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Study Islam
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 08 Mar 2019 11:12
Last Modified: 08 Mar 2019 11:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33643

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum