UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOGNITIF C1 - C3 MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS VII B MTs N BANTUL TA 2008/2009

ADI MUHLISIN - NIM 04451067, (2010) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOGNITIF C1 - C3 MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS VII B MTs N BANTUL TA 2008/2009. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOGNITIF C1 - C3 MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS VII B MTs N BANTUL TA 2008/2009)
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (610kB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOGNITIF C1 - C3 MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS VII B MTs N BANTUL TA 2008/2009)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (486kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan Problem Posing dapat dilaksanakan oleh siswa kelas VII-B MTs N Bantul pada materi klasifikasi makhluk hidup dan berapa siklus yang dibutuhkan untuk menigkatkan aktivitas belajar dan kemampuan kognitif C1- C3. Selain itu juga untuk mengetahui peningkatan apa saja yang terjadi pada setiap siklus. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian adalah siswa kelas VII-B MTs N Bantul tahun ajaran 2008-2009. Data yang dikumpulkan berupa data aktivitas belajar siswa yang meliputi aktivitas siswa pada saat melakukan pembelajaran dengan pendekatan Problem Posing dan data kemampuan kognitif siswa dengan menggunakan PreTest dan Post Test. Data aktivitas siswa yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan presentase siswa yang meningkat pada masing-masing aspek aktivitas belajar tersebut sedangkan data kemampuan kognitif siswa yang diperoleh dihitung dari hasil rerata nilai pretest dan posttest. Kemudian dari hasil rerata nilai pretest dan post test dicari Effect size yaitu selisih nilai pretest dan postes. Perbedaan yang signifikan adalah jika nilai rerata postest lebih besar dari pada nilai rerata pretes dalam 3 siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan pendekatan Problem Posing dapat terlaksana dikelas VII-B MTs N Bantul. Banyaknya siklus pembelajaran yang dibutuhkan untuk mencapai peningkatan aktivitas belajar dan kemampuan kognitif C1 - C3 siswa sebanyak tiga siklus. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya kemampuan siswa dalam menguasai beberapa aspek yaitu menyusun pertanyaan, membaca, mendiskusikan jawaban, membuat dan menyelesaikan soal. Peningkatan kemampuan siswa dalam mengajukan soal dapat dilihat dari meningkatnya kemampuan siswa dalam menguasai beberapa aspek yaitu aspek isi/ materi soal, aspek sifat soal, aspek menjawab soal, aspek menyampaikan pendapat, aspek menanggapi pendapat. Peningkatan kemampuan kognitif C1-C3 siswa dapat dilihat dari rerata nilai pretes dan postes siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Cth. Pembimbing : Drs. Sudjoko, M.S.
Uncontrolled Keywords: Problem Posing, Aktivitas belajar, Kemampuan Kognitif C1 - C3, MTs N Bantul
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 15 Aug 2012 16:28
Last Modified: 13 Dec 2016 09:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3366

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum