PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (CRITICAL THINKING) DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI MAN 4 BANTUL T.A 2017/2018

Isnain Elina Setyarini, NIM. 12680038 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (CRITICAL THINKING) DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI MAN 4 BANTUL T.A 2017/2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (CRITICAL THINKING) DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI MAN 4 BANTUL T.A 2017/2018)
12680038-COVER, BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (CRITICAL THINKING) DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI MAN 4 BANTUL T.A 2017/2018)
12680038-BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model Problem Based Learnig (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MAN 4 Bantul T.A 2017/2018, (2) mengetahui pengaruh model Problem Based Learnig (PBL) terhadap hasil belajar pada aspek pengetahuan siswa kelas X MAN 4 Bantul T.A 2017/2018. Penelitian ini termasuk jenis penelitian true experimen (eksperimen sebenarnya) dengan desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPA MAN 4 Bantul. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling, yaitu kelas X IPA 1 (kelas eksperimen) dan kelas X IPA 3 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan One Way Anova, sedangkan untuk hasil belajar aspek pengetahuan menggunakan Kruskal Wallis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) model Problem Based Learnig (PBL) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan ditunjukkan p-value sebesar 0,000< 0,05. (2) Model Problem Based Learnig (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar pada aspek pengetahuan siswa dengan ditunjukkan p-value sebesar 0,00< 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dian Noviar, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Mar 2019 07:50
Last Modified: 11 Mar 2019 07:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33665

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum