PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA

Fitri Ana Widuri, NIM. 14680016 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA)
14680016_ BAB I, V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA)
14680016_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran guided discovery learning menggunakan media lingkungan terhadap sikap peduli lingkungan siswa, 2) pengaruh model pembelajaran guided discovery learning menggunakan media lingkungan terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Quasy Experimental Design dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA yang terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan teknik sampling jenuh dengan hasil kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen guided discovery learning, dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data sikap kepedulian siswa terhadap lingkungan menggunakan angket, dengan instrumen berupa lembar angket sikap kepedulian siswa terhadap lingkungan sekolah. Teknik pengambilan data hasil belajar kognitif siswa menggunakan tes, dengan instrumen berupa soal pretest dan posttest materi pencemaran lingkungan. Teknik analisis data sikap kepedulian lingkungan siswa menggunakan uji statistik Mann Whitney U-Test, dan analisis data hasil belajar kognitif siswa menggunakan skor N-gain yang diuji menggunakan uji statistic Mann whitney U-Test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) tidak terdapat pengaruh model pembelajaran guided discovery learning menggunakan media lingkungan terhadap sikap kepedulian siswa terhadap lingkungan, hal ini ditunjukkan dari hasil uji Mann Whitney U-Test menunjukkan Asymp. Sig. sebesar 0,079 ˃ 0,05 2) tidak terdapat pengaruh model pembelajaran guided discovery learning menggunakan media lingkungan terhadap hasil belajar kognitif siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji Mann Whitney U-Test untuk skor N-gain siswa menunjukkan nilai Asymp. Sig. sebesar 0,151 ˃ 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Eka Sulistyowati, M.A., M.IWM
Uncontrolled Keywords: Sikap Kepedulian Lingkungan, Hasil Belajar, Guided Discovery Learning
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Mar 2019 08:08
Last Modified: 11 Mar 2019 08:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33670

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum