PENGEMBANGAN BIOMAGZ ANDROID BERBASIS POTENSI LOKAL KONSERVASI Tyto alba PADA MATERI POKOK EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA

Siti Humairoh, NIM. 14680023 (2018) PENGEMBANGAN BIOMAGZ ANDROID BERBASIS POTENSI LOKAL KONSERVASI Tyto alba PADA MATERI POKOK EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BIOMAGZ ANDROID BERBASIS POTENSI LOKAL KONSERVASI Tyto alba PADA MATERI POKOK EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
14680023_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.PDF.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BIOMAGZ ANDROID BERBASIS POTENSI LOKAL KONSERVASI Tyto alba PADA MATERI POKOK EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
14680023_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk 1) mengetahui hewan yang dimangsa Tyto alba di Konservasi Tyto alba Cancangan, Cangkringan, Sleman, 2) mengetahui pengembangan biomagz android berbasis potensi lokal Konservasi Tyto alba, dan 3) mengetahui kualitas produk sumber belajar biomagz android berbasis potensi lokal Konservasi Tyto alba pada materi pokok ekosistem untuk siswa kelas X SMA/MA. Penelitian ini terdiri 2 tahap yaitu penelitian identifikasi jenis mangsa Tyto alba dan pengembangan produk biomagz android. Penelitian identifikasi jenis mangsa Tyto alba menggunakan metode barn owl survey dengan hasil keseluruhan pelet yang ditemukan merupakan tengkorak dari Rattus argentiventer. Penelitian pengembangan biomagz android berbasis potensi lokal Konservasi Tyto alba menggunakan model ADDIE meliputi tahap Analysis, Design, Development, dan Evaluation. Kualitas produk biomagz android dinilai oleh 1 ahli media, 1 ahli materi, 5 peer reviewer, 1 guru biologi, dan 15 siswa kelas XI SMA N 1 Cangkringan Sleman. Instrumen pengambilan data menggunakan angket. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa produk biomagz android berbasis potensi lokal Konservasi Tyto alba di Cancangan, Cangkringan, Sleman yang dikembangkan dengan model ADDIE secara keseluruhan memiliki kualitas Sangat Baik, ditunjukkan dengan persentase penilaian produk dari ahli media, ahli materi, peer reviewer, guru biologi dan siswa secara berurutan sebesar (85%, 84,44%, 94,11%, 96,94%, dan 84,4%). Dengan demikian produk biomagz android berbasis potensi lokal Tyto alba layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri bagi siswa kelas X SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dian Noviar, M.Pd
Uncontrolled Keywords: android, biomagz, ekosistem, potensi lokal.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Mar 2019 08:13
Last Modified: 11 Mar 2019 08:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33674

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum