IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI DINAMIKA ROTASI DAN KESETIMBANGAN BENDA TEGAR DI SMA/MA KABUPATEN PATI MENGGUNAKAN INSTRUMEN TES THREE-TIER

Fadlilatin Ni’mah, NIM. 14690022 (2018) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI DINAMIKA ROTASI DAN KESETIMBANGAN BENDA TEGAR DI SMA/MA KABUPATEN PATI MENGGUNAKAN INSTRUMEN TES THREE-TIER. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI DINAMIKA ROTASI DAN KESETIMBANGAN BENDA TEGAR DI SMA/MA KABUPATEN PATI MENGGUNAKAN INSTRUMEN TES THREE-TIER)
14690022_BAB-1_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (30MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI DINAMIKA ROTASI DAN KESETIMBANGAN BENDA TEGAR DI SMA/MA KABUPATEN PATI MENGGUNAKAN INSTRUMEN TES THREE-TIER)
14690022_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Miskonsepsi adalah suatu konsepsi yang dimiliki oleh seseorang yang tidak sesuai dengan konsep secara ilmiah. Identifikasi miskonsepsi penting untuk dilakukan karena miskonsepsi dapat menghambat seseorang dalam proses penerimaan pengetahuan yang baru. Jika miskonsepsi dapat teridentifikasi maka dapat dilakukan suatu upaya untuk mengatasi terjadinya miskonsepsi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase miskonsepsi per submateri pada pokok bahasan dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar di SMA/MA Kabupaten Pati. Materi tersebut dipilih berdasarkan hasil wawancara kepada guru fisika di SMA/MA Kabupaten Pati yang menyatakan bahwa peserta didik banyak mengalami kesulitan pada materi tersebut, kemudian berdasarkan hasil kuisioner peserta didik menyatakan materi tersebut adalah materi yang paling sulit dipahami dan adanya kesalahan peserta didik dalam memahami konsepkonsep yang ada dalam materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini melibatkan 210 peserta didik dari tiga SMA/MA di Kabupaten Pati dengan menggunakan teknik stratified sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes three-tier sejumlah 12 butir soal pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar. Kelebihan three-tier yaitu tidak semua jawaban salah dari peserta didik dikategorikan dalam kriteria pemahaman miskonsepsi, namun beberapa jawaban dikategorikan pada kriteria kurang pengetahuan. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase miskonsepsi pada masing-masing submateri yaitu: momen gaya 51,4%, momen inersia 37,6%, gerak menggelinding sebagai kombinasi translasi dan rotasi 28,6%, gerak menggelinding sebagai rotasi murni 31,4%, energi kinetik benda tegar 50,5%, energi kinetik pada gerak menggelinding dan meluncur 28,6%, hukum kekekalan momentum sudut 40,0%, kesetimbangan statis 27,6%, jenis-jenis kesetimbangan 28,6%, dan titik berat 24,8%. Sehingga disimpulkan bahwa peserta didik mengalami miskonsepsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Joko Purwanto, M.Sc
Uncontrolled Keywords: miskonsepsi, dinamika rotasi, kesetimbangan benda tegar, tes threetier.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Mar 2019 10:50
Last Modified: 11 Mar 2019 10:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33700

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum