TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI KNALPOT TIRUAN (STUDI DI DESA PESAYANGAN KABUPATEN PURBALINGGA)

BIMA MAHARDIKA, NIM. 13380045 (2018) TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI KNALPOT TIRUAN (STUDI DI DESA PESAYANGAN KABUPATEN PURBALINGGA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI KNALPOT TIRUAN (STUDI DI DESA PESAYANGAN KABUPATEN PURBALINGGA))
13380045_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI KNALPOT TIRUAN (STUDI DI DESA PESAYANGAN KABUPATEN PURBALINGGA))
13380045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Salah satu tujuan dalam berbisnis adalah untuk memperoleh keuntungan dan menciptakan kesejahteraan bagi pelaku usaha serta konsumen. Sehingga kegiatan ini diharapkan bisa memberikan manfaat bagi pelakunya. Salah satu contoh dari aktivitas bisnis adalah kegiatan jual beli, namun dalam prakteknya, ada kegiatan jual beli yang hanya menguntungkan salah satu pihak. Kegiatan seperti ini merupakan kegiatan jual beli yang pelaksanaanya tidak sesua dengan tata cara dan hukum yang berlaku. Hasil pengamatan terhadap praktik jual beli knalpot di Desa Pesayangan Kabupaten Purbalingga, penyusun menemukan masalah dalam prkatek jual beli knalpot yang ada, yaitu adanya unsur kecurangan yang dilakukan oleh produsen knalpot atau penjual knalpot berupa penggunaan merek dagang yang sudah dipatenkan. Para pengrajin knalpot membuat knalpot dengan meniru dari produk lain yang sudah dipatenkan dan diberi merek sama seperti merek atau produk lain yang sudah dipatenkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian langsung di Desa Pesayangan Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis yang berusaha menggambarkan dan menjelaskan kondisi pelaksanaan produksi dan jual beli knalpot di Desa Pesayangan Kabupaten Purbalingga dengan perspektif Sosiologi Hukum Islam dengan sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara dengan pengrajin dan pembeli knalpot. Pengambilan kesimpulan dilakukan dengan cara deduktif. Hasil penelitian ditemukan tiga yang hal mendasar kenapa praktek jual beli knalpot tiruan terus terjadi hingga sekarang, diantaranya adalah rendahnya pendidikan tenaga kerja yang menyebabkan kurangnya daya saing pelaku usaha, kemudian perilaku masyarakat yang memilih meniru orang lain dalam berbisnis dan faktor ekonomi karena pada dasaranya masyarakat melakukan kegiatan jual beli untuk memperoleh keuntungan demi mencukupi kebutuhan hidupnya. Dengan melihat permasalahan yang ada, perbaikan pola perilaku yang bisa dilakukan antara penjual dan pembeli adalah dengan peningkatan kesadaran hukum melalui pembelajaran atau penyuluhan hukum. Kemudian dengan diimbangi peningkatan pendidikan. Dengan pendidikan masyarakat diharapkan bisa lebih meningkatkan kualitas pola perilaku dan kepribadian masing-masing. Selain itu dalam pendidikan juga diharapkan bisa lebih meningkatkan keterampilan masyarakat. Kemudian yang tidak kalah penting adalah peningkatan dalam hal agama. Terakhir, masyarakat seharusnya lebih mendukung dan bangga dengan menggunakan merek lokal. Dengan begitu para produsen knalpot akan lebih percaya diri untuk memproduksi produk yang tercipta melalui ide sendiri tanpa harus membajak dan meniru produk lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Kholid Zulfa, M.Si
Uncontrolled Keywords: JUAL BELI, SOSIOLOGI HUKUM ISLAM
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Mar 2019 13:29
Last Modified: 11 Mar 2019 13:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33707

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum