PEMBERDAYAAN SANTRI MISKIN MELALUI PROGRAM KEWIRAUSAHAAN ( Studi Kasus di Pondok Pesantren Aswaja Lintang Songo Piyungan Bantul )

EKO BUDI SANTOSO, NIM. 12250076 (2018) PEMBERDAYAAN SANTRI MISKIN MELALUI PROGRAM KEWIRAUSAHAAN ( Studi Kasus di Pondok Pesantren Aswaja Lintang Songo Piyungan Bantul ). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN SANTRI MISKIN MELALUI PROGRAM KEWIRAUSAHAAN ( Studi Kasus di Pondok Pesantren Aswaja Lintang Songo Piyungan Bantul ))
12250076_EKO BUDI SANTOSO_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN SANTRI MISKIN MELALUI PROGRAM KEWIRAUSAHAAN ( Studi Kasus di Pondok Pesantren Aswaja Lintang Songo Piyungan Bantul ))
12250076_EKO BUDI SANTOSO_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pemberdayaan Santri Miskin Melalui Program Kewirausahaan, Studi Kasus Di Pondok Pesantren Aswaja Lintang Songo Piyungan Bantul Yogyakarta, Skripsi, Yogyakarta : Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pemberdayaan santri miskin dirasakan cukup penting bagi pondok pesantren dan juga para santri. Latar belakang pemberdayaan yang ada di pondok pesantren aswaja lintang songo ialah melihat letak geografisnya yang masih dalam pedesaan dan juga banyak lahan persawahan maka pengasuh mengadakan pemberdayaan dibidang pertanian. Selain itu juga adanya sumber daya manusia yang akan bekerja sama untuk melakukan pemberdayaan, dan juga untuk melatih para santri agar suatu saat kelak keluar dari pesantren sudah mempunyai bekal usaha. Penelitian penulis ini memiliki tujuan yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana proses pemberdayaan dan juga manfaat yang diterima oleh para pelaku pemberdayaan di Pondok Pesantren Aswaja Lintang Songo Piyungan dengan menggunakan metode penelitian deskripstif kualitatif. Informan yang diambil ialah pengasuh pondok pesantren dan para pelaku pemberdayaan kewirausahaan sosial dengan metode wawancara secara langsung, observasi, dokumentasi dan juga trianggulasi data. Kemudian penulis mendeskripsikan hasil penelitian yang akhirnya ditarik dalam sebuah kesimpulan. Hasil penelitian penulis ini adalah tahapan pemberdayaannya meliputi tahap penyadaran dan tahap pembentukan perilaku, tahap transformasi kemampuan berupa wawasan pengetahuan, kecakapan keterampilan agar terbuka wawasan dan memberikan keterampilan serta peningkatan kemampuan intelektual yang bertujuan pada kemandirian. Selain itu juga ditunjang pelatihan-pelatihan yang diberikan baik dari pengasuh pesantren maupun dari instansi luar pesantren. Pelatihan tersebut mulai dari awal sampai tahap akhir yang bertujuan untuk menambah wawasan para santri. Bapak KH Heri Kuswanto selaku pengasuh Pondok Pesantren akhirnya mengadakan Pemberdayaan bagi santri miskin melalui program kewirausahaan dengan program pertanian. Adapun manfaat yang diterima oleh para pelaku pemberdayaan antara lain mendapatkan ilmu pengetahuan, bertambahnya keterampilan dan juga adanya pengalaman dalam berwirausaha. Kata kunci : Pemberdayaan Santri Miskin Melalui Program Kewirausahaan di Pondok Pesantren Aswaja Lintang Songo Piyungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Zainudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Santri Miskin Melalui Program Kewirausahaan di Pondok Pesantren Aswaja Lintang Songo Piyungan.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Mar 2019 08:40
Last Modified: 26 Mar 2019 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33709

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum