TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PEMBULATAN PENGEMBALIAN UANG SISA PEMBELIAN DI SPBU KOTA YOGYAKARTA

SHINTA NOVIA CAHYANINGRUM, NIM. 14380025 (2018) TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PEMBULATAN PENGEMBALIAN UANG SISA PEMBELIAN DI SPBU KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PEMBULATAN PENGEMBALIAN UANG SISA PEMBELIAN DI SPBU KOTA YOGYAKARTA)
14380025_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PEMBULATAN PENGEMBALIAN UANG SISA PEMBELIAN DI SPBU KOTA YOGYAKARTA)
14380025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-AKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Praktik uang kembalian yang tidak sesuai dengan yang seharusnya diterima konsumen sering terjadi ketika konsumen membeli BBM (bahan bakar minyak) di SPBU (stasiun pengisian bahan bakar minyak) dengan kasus isi full tank (tangki penuh). Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh penulis di lapangan, ketika terjadi pembulatan harga, penjual (operator) jarang sekali melakukan akad secara lisan dengan pembeli (konsumen). Dengan demikian, tidak sedikit konsumen yang merasa dirugikan dan bahkan kecewa terhadap pelayanan di SPBU tersebut. Hal ini disebabkan pembulatan yang terjadi cenderung ke atas yang dimana hal tersebut menguntungkan pelaku usaha. Oleh karena hal tersebut, banyak yang harus diteliti lebih lanjut mengenai mengapa praktik uang kembalian yang tidak sesuai dengan yang seharusnya diterima ini terjadi dan bagaimana pelaksanaannya serta bagaimana tinjauan sosiologi hukum Islam terkait permasalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teori jual beli dalam Islam serta menggunakan tinjauan terhadap sosiologi hukum Islam. Dalam hal ini penyusun menggambarkan permasalahan yang ada secara objektif, guna mendiskripsikan praktik uang kembalian yang tidak sesuai dengan yang seharusnya diterima di SPBU kota Yogyakarta ditinjau dari sosiologi hukum Islam. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dalam praktiknya di lapangan sebagian besar konsumen tidak merelakan pembulatan uang kembalian yang dilakukan pihak SPBU, dengan alasan yang beragam, seperti susahnya mencari uang nominal kecil dan juga hal tersebut tidak terlalu merugikan konsumen dikarenakan uang kembalian tersebut nominalnya kecil. Akan tetapi, ada konsumen yang rela dikarenakan nominal uang yang kecil. Kebanyakan konsumen tidak merelakan hal tersebut dikarenakan pihak operator SPBU tidak melakukan komunikasi untuk mengkonfirmasi terkait pembulatan yang dilakukan. Sebagian konsumen juga tidak diberikan kejelasan terhadap pembulatan tersebut nantinya digunakan untuk apa. Hasil penelitian ini juga menjelaskan bahwa menurut sosiologi hukum Islam praktik pembulatan terhadap uang kembalian ini merupakan perilaku yang menyimpang dalam masyarakat. Hal ini dikarenakan konsumen mengalami kerugian. Jika dilihat dari segi ‘urf, hal tersebut tergolong ‘urf al-fasid yaitu kebiasaan yang buruk yang tidak sesuai dengan kaidah islam serta Undang-undang yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mochamad Sosik, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: SOSIOLOGI HUKUM ISLAM, KONSUMEN BBM, PEMBULATAN
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 11 Mar 2019 14:30
Last Modified: 11 Mar 2019 14:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33722

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum