Anasir Al Jamaliyyah Fi Shi'r Bataqah Hawiyyah Li Mahmud Darwais : Mu'sasa 'ala Nazriyah Bun'yuwiyyah Roman Ingarden

Juweiriah, NIM. 14110062 (2018) Anasir Al Jamaliyyah Fi Shi'r Bataqah Hawiyyah Li Mahmud Darwais : Mu'sasa 'ala Nazriyah Bun'yuwiyyah Roman Ingarden. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Anasir Al Jamaliyyah Fi Shi'r Bataqah Hawiyyah Li Mahmud Darwais : Mu'sasa 'ala Nazriyah Bun'yuwiyyah Roman Ingarden)
14110062_BAB I_BAB TERAKHIR_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Anasir Al Jamaliyyah Fi Shi'r Bataqah Hawiyyah Li Mahmud Darwais : Mu'sasa 'ala Nazriyah Bun'yuwiyyah Roman Ingarden)
14110062_BAB II_S.D_BAB SEBELUM TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi berjudul Unsur-unsur Estetika Pada Puisi "Kartu Identitas" Karya Mahmoud Darwish (Berdasarkan Teori Strukturalisme Roman Ingarden) dilatarbelakangi objek material dan objek formal. Dari sisi objek materialnya, pemilihan tokoh Mahmoud Darwish pada tulisan ini karena ia merupakan salah satu penyair terkemuka Palestina pada puisi kontemporer, khusunya tentang Palestina. Pemilihan puisi Kartu Identitas pada tulisan ini, karena puisi ini menyerap bahasa menjadi semangat nasionalis untuk melawan perampasan Palestina dengan pembukaannya yang menantang Israel. Dari sisi objek formalnya, skripsi ini menggunakan teori Strata Norma Roman Ingarden, karena teori ini sangat khas untuk objek material puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap unsur-unsur estetika puisi ini. Berdasarkan teori strata norma Roman Ingarden, puisi terstruktur dari lima lapis, yaitu lapis bunyi, kesatuan arti, objek-objek yang dikemukakan, dunia, dan metafisis. Pada penelitian ini, puisi "Kartu Identitas" menjadi sumber data primernya dan teori Strukturalisme Roman Ingarden menjadi sumber data sekundernya. Penelitian ini bersifat library research (kajian pustaka) yang menggunakan teknik pustaka catat dan metode deskriptif analis. Dengan menggunakan teori tersebut, skripsi ini menyatakan bahwa estetika bunyi puisi ini menggunakan huruf kuat, lebih kuat, dan mutawasithoh untuk mengungkapkan keberanian dan ketangguhan, sedangkan penggunaan huruf lemah dan lebih lemah untuk mengungkapkan kasih sayang dan kesedihan. Dari estetika makna, puisi ini membahas tentang identitas Palestina dan perampasan Palestina. Estetika objeknya yaitu Identitas Palestina sebagai perlawanan Israel. Estetika dunia ialah kemerdekaan Palestina dari penjajahan Israel. Estetika pada lapis metafisis pada puisi ini ialah kedamaian dunia. Kata kunci : Kartu Identitas, Estetika, Mahmoud Darwish, dan Roman Ingarden

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. Bermawi Munthe, MA
Uncontrolled Keywords: Kartu Identitas, Estetika, Mahmoud Darwish, dan Roman Ingarden
Subjects: Kesusastraan Arab > Roman
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Mar 2019 08:41
Last Modified: 26 Mar 2019 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33742

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum