PERAN KARTUN PEPPA PIG DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

DITA NURFITASARI, NIM. 12140056 (2018) PERAN KARTUN PEPPA PIG DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN KARTUN PEPPA PIG DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES))
12140056_BAB I, V, DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN KARTUN PEPPA PIG DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES))
12140056_BAB II, III, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Menurut Djunaidi (2012:25) penelitian kualitatif adalah penelitian yang menekankan pada quality atau hal terpenting suatu barang atau jasa. Hal terpenting suatu barang atau jasa yang berupa kejadian, fenomena, dan gejala sosial adalah makna dibalik kejadian tersebut yang dapat dijadikan pelajaran berharga bagi pengembangan konsep teori. Penelitian ini bertujuan sebagai (1) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca di dalam serial kartun Peppa Pig. (2) Mengetahui model kegiatan untuk meningkatkan minat baca dalam serial kartun Peppa Pig. Dalam serial ini tokoh yang berperan sebagai orang yang memperhatikan pendidikan bagi anak yakni Daddy Pig, Mummy Pig, Miss dan juga Grandpa Pig.Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotik yang mengacu pada teori Roland Barthes dengan pemaknaan dua tahap denotasi – konotasi. Konotasi adalah istilah yang digunakan Barthes untuk menunjukkan signifikasi tahap kedua. Hal ini menggambarkan interaksi yang terjadi ketika tanda bertemu dengan perasaan dan emosi dari pembaca serta nilai – nilai dari kebudayaannya. Konotasi mempunyai makna yang subjektif atau paling tidak intersubjektif. Pemilihan kata–kata kadang merupakan pemilihan terhadap konotasi, misalnya kata “penyuapan” dengan “memberi uang pelicin”. Dengan kata lain, denotasi adalah apa yang digambarkan tanda terhadap sebuah subjek sedangkan konotasi adalah bagaimana menggambarkannya. Pada signifikasi tahap kedua yang berhubungan dengan kasus ini, tanda bekerja melalui mitos (myth). Mitos adalah bagaimana kebudayaan menjelaskan atau memahami beberapa aspek tentang realitas atau gejala alam. Mitos merupakan produk kelas sosial yang sudah mempunyain suatu dominasi. Tanda – tanda yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah tanda yang menandai nilai literasi dalam setiap adegan. Untuk memaknai tanda ini, setiap adegan diklarifikasikan menjadi penanda, yang kemudian barulah dapat disimpulkan maknanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra Labibah M.LIS
Uncontrolled Keywords: Minat Baca, Peran orang tua, motivasi anak
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Mar 2019 08:29
Last Modified: 13 Mar 2019 08:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33766

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum