IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SDIT LUQMAN HAKIM INTERNASIONAL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

Nurul Faizah, NIM. 14480120 (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SDIT LUQMAN HAKIM INTERNASIONAL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SDIT LUQMAN HAKIM INTERNASIONAL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)
14480120_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SDIT LUQMAN HAKIM INTERNASIONAL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)
14480120_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan pendidikan karakter sebagai salah satu bentuk pembaharuan pendidikan di Indonesia yang perlu diterapkan dalam setiap lembaga pendidikan secara optimal, hal tersebut ditujukan untuk menghindari dekadensi moral generasi bangsa dan sekaligus mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Untuk itu, sekolah harus memiliki budaya sekolah yang kondusif yang dapat memberi ruang dan kesempatan bagi setiap warga sekolah untuk mengoptimalkan potensi dirinya masing-masing. Penelitian ini bertjuan pertama, mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter religius melalui budaya sekolah di SDIT Luqman Hakim Internasional Yogyakarta. Kedua, mengetahui aktualisasi karakter religius peserta didik melalui budaya sekolah di SDIT Luqman Hakim Internasional Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, karena penelitian ini memberikan gambaran tentang permasalahan melalui analisis dengan menggunakan pendekatan ilmiah sesuai dengan keadaan yang sebenarnya yakni mengenai implementasi pendidikan karakter religius di SDIT Luqman Hakim Internasional Yogyakarta dalam wujud artefak, nilai dan keyakinan, asumsi, serta aktualisasi karakter religius peserta didik di SDIT Luqman Hakim Internasional Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi melalui pengecekan keabsahan data dari berbagai sumber dan dengan berbagai cara. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi pendidikan karakter religius melalui budaya sekolah di SDIT Luqman Hakim Internasional Yogyakarta meliputi: 1) wujud artefak yang tertuang dalam pelaksanaan pendidikan karakter religius serta fasilitas yang disediakan; 2) wujud nilai dan keyakinan yang tertuang dalam perencanaan sekolah dalam mewujudkan insan kamil; 3) Asumsi warga sekolah dalam pendidikan karakter religius peserta didik di SDIT Luqman Hakim Internasional Yogyakarta. Sedangkan aktualisasi karakter religius peserta didik melalui budaya sekolah di SDIT Luqman Hakim Internasional Yogyakarta dapat dilihat melalui lima dimensi religiusitas, yaitu: dimensi keyakinan agama, dimensi praktik agama, dimensi pengalaman, dimensi pengetahuan agama, serta dimensi pengamalan dan konsekuensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ichsan, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter Religius, Budaya Sekolah, Aktualisasi.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Mar 2019 13:51
Last Modified: 13 Mar 2019 13:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33800

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum