Intervensi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan Dalam Memenuhi Upaya Rehabilitatif Orang Dengan Gangguan Jiwa (Studi Kasus Di Rumah Singgah Dosaraso Kebumen)

KHOERUNNISA SUCIATI, NIM 14250009 (2018) Intervensi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan Dalam Memenuhi Upaya Rehabilitatif Orang Dengan Gangguan Jiwa (Studi Kasus Di Rumah Singgah Dosaraso Kebumen). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Intervensi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan Dalam Memenuhi Upaya Rehabilitatif Orang Dengan Gangguan Jiwa (Studi Kasus Di Rumah Singgah Dosaraso Kebumen))
14250009_BAB-I_BAB-IV_DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (Intervensi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan Dalam Memenuhi Upaya Rehabilitatif Orang Dengan Gangguan Jiwa (Studi Kasus Di Rumah Singgah Dosaraso Kebumen))
14250009_BAB-II_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Peningkatan kasus masalah sosial orang dengan gangguan jiwa di Kabupaten Kebumen sejak Oktober 2015 sangat menjadi perhatian pemerintah setempat. Pemerintah melalui Dinas Sosial menerjunkan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan untuk menangani masalah sosial tersebut. Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan membantu masyarakat pada setiap kecamatannya dalam menghadapi masalah sosial orang dengan gangguan jiwa. Intervensi adalah salah satu tahapan yang diberikan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan untuk membantu mencari jalan keluar dalam menyelesaikan masalah sosial tersebut. Penelitian dengan judul “INTERVENSI TENAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL KECAMATAN DALAM MEMENUHI UPAYA REHABILITATIF ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA” memiliki rumusan masalah bagaimana bentuk intervensi yang diberikan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan guna memenuhi upaya rehabilitatif orang dengan gangguan jiwa dan apa saja kendalanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bentuk-bentuk intervensi yang diberikan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan serta kendala yang dihadapi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan dalam memberikan pelayanan. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer. Teknik pengumpulan data tersebut menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data akan dianalisa dengan metode analisa deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan sudah melakukan intervensi dalam memenuhi upaya rehabilitatif penerima manfaat di rumah singgah Dosaraso. Metode intervensi yang dilakukanpun beragam mulai dari intervensi mikro, intervensi mezzo, serta intervensi makro. Ada dua faktor kendala yang dihadapi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan dalam melakukan intervensi tersebut yaitu faktor internal, kurangnya pengetahuan dalam bidang penanganan orang dengan gangguan jiwa dan eksternal kurangnya fasilitas, kurangnya koordinasi, dan rumitnya birokrasi. Kata Kunci : Intervensi, orang dengan gangguan jiwa, rehabilitatif, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan, rumah singgah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: ABIDAH MUFLIHATI, S. Th.I, M. Si
Uncontrolled Keywords: Intervensi, orang dengan gangguan jiwa, rehabilitatif, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan, rumah singgah.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Mar 2019 08:54
Last Modified: 26 Mar 2019 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33808

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum