PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI TURNITIN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA UNTUK PENCEGAHAN TINDAK PLAGIARISME

UMI FATIMAH, NIM. 14140056 (2018) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI TURNITIN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA UNTUK PENCEGAHAN TINDAK PLAGIARISME. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI TURNITIN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA UNTUK PENCEGAHAN TINDAK PLAGIARISME)
14140056_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI TURNITIN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA UNTUK PENCEGAHAN TINDAK PLAGIARISME)
14140056_BAB II, III, IV.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi Turnitin di Perpustakaan Universtas Muhammadiyah Yogyakarta untuk pencegahan tindak plagiarisme. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden diambil dengan menggunakan rumus Yamane dengan teknik incidental sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel tunggal yang dijabarkan menjadi 3 indikator. Metode pengumpulan data yang utama adalah kuesioner tertutup dengan skala likert. Uji validitas instrumen menggunakan Product Moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach, dengan penghitungan menggunakan program SPSS versi 23.0 for windows. Analisis data menggunakan rumus Mean dan Grand Mean, untuk menyimpulkan hasil penilaian menggunakan Skala Interval. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi Turnitin di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk pencegahan tindak plagiarisme adalah sangat baik dengan total nilai rata-rata sebesar 3,265. Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan kepada pihak perpustakaan lebih mengoptimalkan kegiatan sosialisai tentang penggunaan aplikasi Turnitin untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa agar terus mengecek karya ilmiah yang disusun sehingga terhindar dari tindak plagiarisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Syifaun Nafisah, S.T., MT.
Uncontrolled Keywords: Turnitin, Plagiarisme, Persepsi Mahasiswa
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Mar 2019 08:11
Last Modified: 14 Mar 2019 08:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33815

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum