STRATEGI COPING PEDAGANG KAKI LIMA PASCA RELOKASI (Studi Kasus di Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat)

Fita Fatmawati Supriatna, NIM: 14250031 (2018) STRATEGI COPING PEDAGANG KAKI LIMA PASCA RELOKASI (Studi Kasus di Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STRATEGI COPING PEDAGANG KAKI LIMA PASCA RELOKASI (Studi Kasus di Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat))
14250031__BAB I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI COPING PEDAGANG KAKI LIMA PASCA RELOKASI (Studi Kasus di Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat))
14250031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan keberadaan PKL di daerah yang menimbulkan banyak permasalahan terkait dengan keamanan, ketertiban, kenyamanan dan kebersihan di daerah. Khususnya di Kabupaten Pangandaran, Pemerintah Daerah mengeluarkan kebijakan untuk merelokasi Pedagang Kaki Lima ke lokasi yang telah ditetapkan Pemerintah sebagai upaya meningkatkan kualitas pariwisata Pantai Pangandaran sesuai visi dan misi Kabupaten Pangandaran yaitu sebagai tujuan wisata berkelas dunia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja masalah yang timbul pasca relokasi pedagang kaki lima di Pantai Pangandaran dan bagaimana strategi coping yang dilakukan pedagang kaki lima pasca relokasi di Pantai Pangandaran. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori coping atau strategi individu dalam mengatasi masalah dengan mengurangi penyebab stressor dan tekanan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling, metode pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Validitas data dilihat menggunakan teknik triangulasi data, sedangkan analisis data melalui tiga proses yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan, strategi coping yang dilakukan lima subjek pedagang kaki lima pasca relokasi mengacu pada empat metode yaitu Problem-focused Coping (PFC), Emotion-focused coping (PFC), Coping Jangka Panjang dan Coping Jangka Pendek. Pada strategi coping berbentuk PFC, tiga subjek menggunakan aspek planful problem-solving (mengatasi masalah secara langsung), dan satu subjek menggunakan confrontative coping (menyelesaikan masalah secara konfrontatif). Pada strategi coping berbentuk EFC, tiga subjek menggunakan aspek positive reappraisal (memberi penilaian positif atas permasalahan), satu subjek menggunakan aspek accepting responsibility (penerimaan atas masalah), serta satu subjek menggunakan aspek self control (pengendalian diri). Tiga subjek menggunakan Coping Jangka xi Panjang, dan tiga subjek lainnya menggunakan coping jangka pendek dalam mengatasi permasalahan. Kata kunci: strategi coping, pedagang kaki lima, relokasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Andayani SIP., MSW
Uncontrolled Keywords: strategi coping, pedagang kaki lima, relokasi.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Apr 2019 08:20
Last Modified: 04 Apr 2019 08:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33817

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum