BACAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM RUQYAH (Studi Living Qur’an di Panti Asuhan Putri Yatim dan Dhu’afa La Tahzan Pondok Pesantren Darul Mushlihin Kotagede Yogyakarta)

MUHAMMAD FATHUR RAHMAN, NIM. 14530039 (2018) BACAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM RUQYAH (Studi Living Qur’an di Panti Asuhan Putri Yatim dan Dhu’afa La Tahzan Pondok Pesantren Darul Mushlihin Kotagede Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BACAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM RUQYAH (Studi Living Qur’an di Panti Asuhan Putri Yatim dan Dhu’afa La Tahzan Pondok Pesantren Darul Mushlihin Kotagede Yogyakarta))
14530039_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BACAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN DALAM RUQYAH (Studi Living Qur’an di Panti Asuhan Putri Yatim dan Dhu’afa La Tahzan Pondok Pesantren Darul Mushlihin Kotagede Yogyakarta))
14530039_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini membahas mengenai bacaan ayat-ayat al-Qur’an dalam ruqyah yang dibentuk dari kejadian yang dipraktikan pada komunitas tertentu yang menunjukan pada resepsi sosial masyarakat. Resepsi sosial yang berkembang di masayarakat ini tentang ayat-ayat al-Qur’an sebagai media penyembuhan, al-Qur’an sebagai obat maupun al-Qur’an sebagai pembentengan diri. Dalam hal itu yaitu Panti Asuhan Putri Yatim dan Dhu’afa La Tahzan Pon- Pes Darul Mushlihin Kotagede Yogyakarta dianjurkan sebagai bentuk kegiatan rutin para santri La Tahzan ketika mereka mengalami gangguan jin sampai kesurupan. Di antara bacaan yang menjadi bacaan ayat-ayat al-Qur’an dalam ruqyah itu adalah surat al-Fatihah, ayat Kursi, surat al-Ikhlas, al-Falaq, dan an- Nās. Fokus pembahasan dari penelitian skripsi ini adalah terkait dengan bacaan ayat-ayat al-Qur’an dalam ruqyah tentang bagaimana praktik pembacaan, motivasi membaca bacaan ayat al-Qur’an tersebut dan makna praktik membaca bacaan ayat-ayat al-Qur’an dalam ruqyah bagi para pelaku baik makna bagi santri, santri pengurus, maupun makna bagi pengasuh. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu melalui observasi partisipan dan non-partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan mengenai analisis data yang digunakan dalam skripsi mencakup tiga sub proses, yaitu reduksi data, displai data, dan verifikasi data, selain untuk memudahkan para penulis dalam memaparkan isi pembahasan, selain itu juga agar dapat mengetahui alasan dai bacaan aat-aat al-Qur’an dalam Ruqyah. Sehingga latar belakang dalam bacaan ayat al-Qur’an Ruqyah ini dapat terungkap. Adapun hasil penitian dalam penulisan ini yaitu yang pertama, ayat-ayat al-Qur’an yang menjadi bacaan ruqyah yang dibaca oleh santri setiap satu minggu tiga kali, apabila terapis berhalangan hadir maka, diganti oleh penanggung jawab dari pegurus santri. Dianjurkan membaca bacaan ruqyah ketika santri terganggu oleh keberadaan makhluk ghaib yang ada di lingkungan sekitar PantiAsuhan La Tahzan. Pada awalnya santri mengguakan bacaan ruqyah mandiri dari seorang ustadz, namun karna gangguan semakin bertambah daan kondisi Panti Asuhan semakin memburuk dibentuk bacaan ayat-ayat al-Qur’an dalam ruqyah dari pengurus Panti Asuhan dengan media air dan dengan cara kmunikasi satu arah dengan Jin. Kedua, surat yang menjadi bacaan ruqyah yaitu al-Fatihah, ayat Kursi, surat al-Ikhlas, al-Falaq, dan an-Nās diakhiri dengan memercikan air di sekitar atau tempat-tempat yang sering menjadi pusat makhluk gaib tersebut singgah. Bacaan ayat-ayat al-Qur’an dalam Ruqyah di Panti Asuhan La Tahzan jika dilihat dengan menggunakan makna suatu tindakan dalam teori sosiologi pengetahuan Karl Mannheim, maka ada tiga kategori makna yang diperoleh. Makna obyektif sebagai suatu kewajiban/anjurn yang telah ditetapkan, makna ekspresif yaitu sebagai bentuk pembelajaran, fadhilah dan keutamaan, serta makna dokumenter sebagai suatu kebudayaan yang menyeluruh. Adapun mengenai asalusul pengetahuan bacaan ayat-ayat alQur’an dalam ruqyah terebut yaitu latar belakang pendidikan pengurus tempat lahir para santri dan suatu adat dan kebiasaan yang dibawanya ke Panti Asuhan La Tahzan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Abdul Mustaqim, S.Ag,. M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Qur'an dan Rukyah
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Mar 2019 11:07
Last Modified: 14 Mar 2019 11:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33838

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum