PERAN SATGAS DBKS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KEBERAGAMAAN KELUARGA DI KELURAHAN KRICAK KECAMATAN TEGALREJO YOGYAKARTA

FITRI SETYAWATI, NIM 14220030 (2018) PERAN SATGAS DBKS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KEBERAGAMAAN KELUARGA DI KELURAHAN KRICAK KECAMATAN TEGALREJO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img] Text (PERAN SATGAS DBKS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KEBERAGAMAAN KELUARGA DI KELURAHAN KRICAK KECAMATAN TEGALREJO YOGYAKARTA)
14220030_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text (PERAN SATGAS DBKS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KEBERAGAMAAN KELUARGA DI KELURAHAN KRICAK KECAMATAN TEGALREJO YOGYAKARTA)
14220030_BAB II_BAB III.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bahwasannya keluarga yang memiliki kualitas keberagamaan yang baik adalah dambaan bagi setiap orang dalam membangun mahligai rumah tangga. Sehingga adanya suatu kegiatan rutin seperti kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh satgas DBKS dapat meningkatkan kualitas keberagamaan keluarga. Program Desa Binaan Keluarga Sakinah (DBKS) dicanangkan di bawah Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Kementrian Agama. Salah satu kebijakan umum dari Desa Binaan Keluarga Sakinah (DBKS) ini adalah upaya penanaman nilai-nilai keimanan, ketaqwaan dan akhlak mulia yang dilaksanakan melalui pendidikan agama dalam keluarga, masyarakat dan pendidikan formal. Upaya ini menekankan kepada aspek penanaman, pengamalan, penghayatan dan pengembangan nilainilai keimanan, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran satgas DBKS dalam meningkatkan kualitas keberagamaan keluarga di Kelurahan Kricak Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis deskriptif kualitatif dengan subyek satgas Desa Binaan Keluarga Sakinah (DBKS), dan tiga keluarga warga binaan yang ada di Kelurahan Kricak Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi waktu. Dan analisis yang digunakan yaitu reduksi data, display/penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran satgas Desa Binaan Keluarga Sakinah (DBKS) yang dapat meningkatkan kualitas keberagamaan keluarga di Kelurahan Kricak Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta meliputi peran menjadi motivator, fasilitator, komunikator dan dinamisator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MUHSIN KALIDA, S.AG, M. A.
Uncontrolled Keywords: Peran satgas DBKS, kualitas keberagamaan
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Mar 2019 11:19
Last Modified: 14 Mar 2019 11:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33840

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum