KONSELING INDIVIDU DALAM MENANGANI SISWA TERLIBAT TAWURAN (STUDI PADA SISWA SMK MA’ARIF KOTA MUNGKID MAGELANG)

LUTFI CHAIRUN NISAK, NIM. 14220058 (2018) KONSELING INDIVIDU DALAM MENANGANI SISWA TERLIBAT TAWURAN (STUDI PADA SISWA SMK MA’ARIF KOTA MUNGKID MAGELANG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSELING INDIVIDU DALAM MENANGANI SISWA TERLIBAT TAWURAN (STUDI PADA SISWA SMK MA’ARIF KOTA MUNGKID MAGELANG))
14220058_BAB I_IV_DAFTAR-PUSTAKA-1.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (KONSELING INDIVIDU DALAM MENANGANI SISWA TERLIBAT TAWURAN (STUDI PADA SISWA SMK MA’ARIF KOTA MUNGKID MAGELANG))
14220058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pada masa remaja tidak jarang remaja melakukan tingkah laku yang disebut melanggar aturan yang ada. Dalam hal ini bisa disebut dengan kenakalan remaja dan tawuran termasuk dalam jenis-jenis kenakalan remaja saat ini. Tawuran merupakan suatu fenomena yang sudah ada sejak lama. Tawuran bisa diartikan sebagai perkelahian atau tindak kekerasan yang dilakukan oleh kelompok ataupun secara bersama-sama. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian kualitatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana metode konseling individu yang dilakukan guru Bimbingan dan Konseling untuk menangani siswa yang terlibat tawuran di SMK Ma’arif Kota Mungkid Magelang. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan metode konseling individu dalam menangani siswa yang terlibat tawuran di SMK Ma’arif Kota Mungkid Magelang. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah 2 Guru Bimbingan dan Konseling dan 3 siswa yang pernah terlibat kasus tawuran. Obyek penelitian adalah metode bimbingan dan konseling dalam menangani siswa yang terlibat tawuran di SMK Ma’arif Kota Mungkid Magelang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang digunakan guru bimbingan dan konseling dalam menangani siswa yang terlibat tawuran bagi siswa SMK Ma’arif Kota Mungkid adalah: Pertama, dengan menggunakan konseling direktif yang mana guru bimbingan dan konseling lebih berperan aktif selama proses konseling itu berlangsung. Kedua, menggukanan konseling eklektik dengan memberikan kebebasan kepada siswa untuk xiii menceritakan permasalahannya. Kemudian guru bimbingan dan konseling memberikan alternatif atau solusi terhadap masalah yang di hadapi siswa, namun siswa sendiri yang menentukan pilihannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nailul Falah, S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Konseling Individu, Tawuran
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Mar 2019 11:33
Last Modified: 14 Mar 2019 11:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33844

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum