PENCIPTAAN MANUSIA DALAM SURAT Al-BAQARAH AYAT 30-39 DAN RELEVANSINYA BAGI PENDIDIKAN ISLAM (Studi Tafsir Al- Azhar Karya Hamka)

Miatu HABBAH, NIM: 1420511014 (2018) PENCIPTAAN MANUSIA DALAM SURAT Al-BAQARAH AYAT 30-39 DAN RELEVANSINYA BAGI PENDIDIKAN ISLAM (Studi Tafsir Al- Azhar Karya Hamka). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENCIPTAAN MANUSIA DALAM SURAT Al-BAQARAH AYAT 30-39 DAN RELEVANSINYA BAGI PENDIDIKAN ISLAM (Studi Tafsir Al- Azhar Karya Hamka))
1420511014BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENCIPTAAN MANUSIA DALAM SURAT Al-BAQARAH AYAT 30-39 DAN RELEVANSINYA BAGI PENDIDIKAN ISLAM (Studi Tafsir Al- Azhar Karya Hamka))
1420511014BAB-II_sampai_SEBELUM BAB TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa penciptaan manusia menjadi isu yang meluas dalam kaitannya dengan perkembangan peradaban sekarang ini. Para ulama tafsir banyak membahas hal ini dalam kitabnya, serta marak pula spekulasi bahkan mitos yang berkembang di kalangan para ilmuwan. Penciptaan manusia berkaitan erat dengan konsep khalifah fi al-ardh. Melihat banyaknya aliran yang ada pada saat ini, banyak penafsiran mengenai khalifah yang tidak sejalan dengan semangat Islam dan hanya terpaku pada mitos maupun dongeng. Oleh karena itu, untuk kemajuan peradaban manusia, konsep khalifah merupakan titik strategis sebagai sebuah kesadaran manusia untuk melihat potensi diri menuju pradaban yang lebih baik melalui pendidikan. Oleh sebab itu, perlu melihatnya dari sisi yang lain dengan cara kontekstualisasi sehingga memiliki sudut pandang yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara otentik penafsiran Hamka tentang penciptaan sebagai ulama tanah air, yang kemudian akan diteruskan untuk menemukan relevansinya dengan jalan hermeneutik Paul Ricoeur. Melalui kontekstualisasi akan didapat pandangan dan wacana yang lebih luas mengenai khalifah dalam ranah pendidikan berbasis fitrah. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) yang dilakukan dengan cara menuliskan, mengklarifikasi, mereduksi, dan menyajikan data yang diperoleh dari sumber data tertulis. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan teks normatif untuk menemukan sebuah konsep beserta kontekstualisasinya dari ayat-ayat al-Qur’an yang berhubungan dengan penciptaan manusia. Sumber primer dari penelitian ini adalah Kitab Tafsir Al-Azhar karya Hamka. Sedangkan sumber sekundernya tersebar dalam kepustakaan umum, khusus, dan cyber. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan interpretatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pandangan Hamka, penciptaan manusia itu berkaitan erat dengan konsep khalifah, baik dari segi kepengutusan maupun semua potensi yang dimiliki. Terlepas dari segala mitos yang berkembang, khalifah merupakan ciptaan yang bertugas menegakkan kalimatul-haq di muka bumi, dengan memaksimalkan peran hablun min Allah dan hablun min al-Nas. Adapun kontekstualisasi tafsir Hamka dibidang pendidikan adalah bahwa konsep khalifah tak hanya berhubungan dengan tugas-tugasnya sebagai wakil Allah di bumi, melainkan juga merupakan wujud dari maksimalisasi dua fungsi manusia di bidang pendidikan, yakni sebagai pendidik dan peserta didik. Ketercapaian ini ditandai dengan terpenuhinya kebutuhan pendidikan berdasarkan potensi dan fitrah sebagai manusia sehingga terwujudlah dedikasi untuk memakmurkan bumi dengen tetap memelihara aspek akhlak kepada Allah maupun kepada sesama manusia. Kata kunci: HAMKA,Tafsir Al-Azhar, Penciptaan Manusia, Hermeneutika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Hamim Ilyas, M.Ag
Uncontrolled Keywords: HAMKA,Tafsir Al-Azhar, Penciptaan Manusia, Hermeneutika
Subjects: Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat > Studi al Qur'an dan Hadits
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Apr 2019 08:21
Last Modified: 04 Apr 2019 08:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33852

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum