ANALISIS AKAD DAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP GO-PAY PADA APLIKASI GOJEK

ITA PURNAMA, NIM. 1620310031 (2018) ANALISIS AKAD DAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP GO-PAY PADA APLIKASI GOJEK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS AKAD DAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP GO-PAY PADA APLIKASI GOJEK)
1620310031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS AKAD DAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP GO-PAY PADA APLIKASI GOJEK)
1620310031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Perkembangan teknologi internet dan sistem komunikasi melahirkan berbagai inovasi, seperti transaksi pembayaran menggunakan Go-Pay. Go-Pay sebagai transaksi bisnis modern, tidak terlepas dari berbagai macam pendapat tentang akad yang digunakan. Ada yang berpendapat Go-Pay menggunakan akad qardh, akad ijarah, dan akad ijarah mausufah fi dzimmah. Tetapi ada juga yang berpendapat Go-Pay tidak menggunakan akad qardh. Sehingga dari beberapa pendapat tersebut membuat para masyarakat ragu dan bertanya-tanya apa akad yang digunakan pada Go-Pay. Selain itu, kesesuaian perjanjian antara konsumen Go-Pay dengan PT. Gojek Indonesia dari segi peraturan perundangundangan juga diperlukan terkait hak, kewajiban dan keamanan uang yang ada pada Go-Pay. Karena, Go-Pay yang berbasis elektronik memiliki beberapa risiko, seperti virus, problem dan kerusakan pada ponsel pintar. Penelitian ini membahas mengenai akad yang digunakan pada top up Go-Pay pada aplikasi gojek, dan perjanjian antara konsumen Go-Pay dengan PT. Gojek Indonesia sudah sesuai atau belum dengan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian normatif dengan studi pustaka (library research), yaitu mengumpulkan data yang diperoleh dari penelitian kepustakaan yang dapat bersumber dari aturan-aturan hukum, buku, jurnal, penelitian terdahulu atau sumber lain yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan konseptual (conceptual approach) dan pendekatan perundang-undangan (statute approach). Sumber data yang digunakan pada penelitian ini, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deduksi, yakni menganalisis data-data yang berkaitan secara umum kemudian ditarik kesimpulan menjadi bersifat khusus. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa akad yang digunakan pada top-up Go-Pay ialah akad wadi‟ah. Di mana, uang elektronik yang disimpan di Go-Pay hanya sebuah simpanan biasa, yang bisa diambil dan digunakan kapan saja oleh penitip (pengguna Go-Pay). Perjanjian antara konsumen Go-Pay dengan PT. Gojek Indonesia ada yang sesuai dan ada yang tidak sesuai dengan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Adapun yang sesuai, yaitu mengenai pertanyaan, permintaan dan keluhan konsumen, sesuai dengan pasal 4 ayat (4), dan batasan tanggung jawab PT. Gojek Indonesia, mengenai ganti rugi untuk konsumen, sesuai dengan Pasal 7 Ayat (6) dan Pasal 4 ayat (8) Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Sedangkan yang tidak sesuai, yaitu mengenai permasalahan terkait perbedaan data, tidak sesuai dengan Pasal 2, penutupan akun terkait prosedur /metode pengembalian saldo, tidak sesuai dengan Pasal 4 ayat (3) Undangundang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, dan tidak sesuai dengan Pasal 26 ayat (1) Peraturan Bank Indonesia Nomor 18/40/PBI/2016 Tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran. Perubahan terkait tunduknya konsumen kepada peraturan atau syarat dan ketentuan yang berupa aturan baru, tidak sesuai dengan Pasal 8 ayat (1) huruf (d) Peraturan Bank Indonesia Nomor 16/1/PBI/2014 Tentang Perlindungan Konsumen Jasa Sistem Pembayaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Lindra Darnela, S. Ag., M. Hum.,
Uncontrolled Keywords: Akad, Perlindungan Konsumen, Go-Pay, dan Gojek.
Subjects: Bisnis Syari'ah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-2) > Hukum Bisnis Syari'ah
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 15 Mar 2019 08:57
Last Modified: 15 Mar 2019 08:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33856

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum