KEPUASAN KELUARGA MUSLIM DI RT 16 RW 05 REJOWINANGUN KOTAGEDE YOGYAKARTA TERHADAP SINETRON DUNIA TERBALIK DI RCTI

Rizka Noviana Setyawati, NIM. 11210004 (2019) KEPUASAN KELUARGA MUSLIM DI RT 16 RW 05 REJOWINANGUN KOTAGEDE YOGYAKARTA TERHADAP SINETRON DUNIA TERBALIK DI RCTI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEPUASAN KELUARGA MUSLIM DI RT 16 RW 05 REJOWINANGUN KOTAGEDE YOGYAKARTA TERHADAP SINETRON DUNIA TERBALIK DI RCTI)
11210004_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KEPUASAN KELUARGA MUSLIM DI RT 16 RW 05 REJOWINANGUN KOTAGEDE YOGYAKARTA TERHADAP SINETRON DUNIA TERBALIK DI RCTI)
11210004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Televisi (TV) merupakan salah satu kekuatan yang berfungsi bagi pembentukan citra, informasi, pengetahuan, pendidikan, kontrolsosial, dan hiburan bagi masyarakat. Sinetron religi merupakan sebuah genre baru pada tayangan televisi di Indonesia. Salah satu sinetron religi yang ada di Indonesia adalah Sinetron Dunia Terbalik. Sinetron Dunia Terbalik merupakan sinetron yang tayang di RCTI. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif, metode pengambilan data yang digunakan adalah melalui sample penelitian berupa 24 Keluarga Muslim RT 16 RW 05 Rejowinangun Kotagede Yogyakarta. Data yang diperoleh adalah data primer dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan dokumentasi tertulis catatan penduduk dari Kantor Kelurahan Rejowinangun Yogyakarta serta observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Semua data di hitung menggunakan bantuan Program IBM SPSS 23 untuk mempermudah proses pengolahan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan terhadap informasi agama islam pada Sinetron Dunia Terbalik berada pada kategori tinggi. Kepuasan keluarga muslim dapat dilihat dari terpenuhinya seluruh dimensi kepuasan yaitu pengamatan lingkungan, hiburan, identitas personal, dan hubungan sosial. Variabel pengamatan lingkungan, termasuk dalam kategori tinggi, yaitu 48%. Variabel hiburan termasuk dalam kategori tinggi yaitu 50%. Variabel identitas personal termasuk dalam kategori sedang yaitu 37,5%. Dan variabel hubungan sosial termasuk kategori tinggi yaitu 54%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. M. Kholili, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Keluarga Muslim, Sinetron Dunia Terbalik
Subjects: Komunikasi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 18 Mar 2019 08:38
Last Modified: 18 Mar 2019 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33894

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum