STRATEGI PELAYANAN BIMBINGAN PERKAWINAN DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA

M. Agus Nur Rachman, NIM. 13240017 (2019) STRATEGI PELAYANAN BIMBINGAN PERKAWINAN DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PELAYANAN BIMBINGAN PERKAWINAN DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA)
13240017_BAB I_BAB_TERAHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PELAYANAN BIMBINGAN PERKAWINAN DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA YOGYAKARTA)
13240017_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Strategi merupakan tindakan taktis didalam penetapan kebijakan manajamen, dikarenakan strategi sebagai rujukan bedasarkan hasil evaluasi apakah ada keselerasan tujuan visi, misi instansi dengan akivitas program pelayananya. Oleh sebab itu implementasi strategi pelayanan di seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta dirasa sangat perlu untuk meningkatkan kualitas pelayanannya agar terwujud service excellent di sektor instansi pelayanan publik. Sebagai tindakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan Bimbingan Perkawinan di seksi Bimas Islam tentu membutuhkan strategi-strategi tertentu untuk menjaga dan meningkatakan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model Miles dan Huberman yaitu dengan cara pengumpulan data, redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk uji keabsahan data peneliti menggunakan metode tringulasi sumber data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi program pelayanan Bimbingan Perkawinan di seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta bedasarkan pengukuran indikator kualitas pelayanan dengan menggunakan metode servqual adapun hasilnya antara lain: Pertama, mengukur determinan kualitas layanan bedasarkan dimensi Service Quality dan hasil kualitas layanannya cukup baik dan peningkatan pelayanan sudah ditunjukan melalui inovasi pelayanan terpadu satu pintu PTSP. Kedua, pengendalian faktor faktor penyebab buruknya kualitas pelayanan dengan cara mengontrol kinerja dan mengevaluasi kegiatan bedasarkan hasil nyata yang dibandingkan dengan pokok tujuan visi misi. Ketiga, penyempurnaan kualitas pelayanan yang berkaitan terhadap aspekaspek pelayanan yaitu: menindak lanjuti layanan, mengelola bukti kualitas pelayanan, dan mengimplementasikan sistem reformasi birokrasi pelayanan publik untuk menciptakan pelayanan prima dan bersih melayani kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Aris Risdiana, S.Sos.I.,MM.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pelayanan Bimbingan Perkawinan, Bimbingan Masyarakat Islam, Kementerian Agama Kota Yogyakarta
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 20 Mar 2019 15:54
Last Modified: 20 Mar 2019 15:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33978

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum