ANALISIS REKRUTMEN DAN SELEKSI TENAGA PEMASARAN DI PT. ASURANSI JIWA SYARIAH BUMIPUTERA CABANG YOGYAKARTA TAHUN 2018

Oktavinda Dwi Ayu Giyanti, NIM. 15240069 (2019) ANALISIS REKRUTMEN DAN SELEKSI TENAGA PEMASARAN DI PT. ASURANSI JIWA SYARIAH BUMIPUTERA CABANG YOGYAKARTA TAHUN 2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS REKRUTMEN DAN SELEKSI TENAGA PEMASARAN DI PT. ASURANSI JIWA SYARIAH BUMIPUTERA CABANG YOGYAKARTA TAHUN 2018)
15240069_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS REKRUTMEN DAN SELEKSI TENAGA PEMASARAN DI PT. ASURANSI JIWA SYARIAH BUMIPUTERA CABANG YOGYAKARTA TAHUN 2018)
15240069_BAB-II_SAMPAI_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya isu Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera yang mengalami krisis keuangan pada 2016 yang berdampak pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Yogyakarta dimana membuat kepercayaan nasabah maupun calon nasabah menjadi berkurang sehingga mendorong untuk melakukan rekrutmen dan seleksi tenaga pemasaran secara lebih tepat guna menaikkan jumlah nasabah dan menghasilkan tenaga pemasaran yang handal dalam mengembalikan kepercayaan masyarakat serta mampu bersaing dengan lembaga asuransi lain di Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, maka dilakukan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah uji kredibilitas dengan peningkatan ketekunan dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rekrutmen dan seleksi tenaga pemasaran di PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang Yogyakarta telah sesuai pada prinsip-prinsip rekrutmen menurut Veithzal Rivai dan telah melalui proses seleksi yang ada dari awal hingga akhir dengan bertahap. Dalam memperoleh calon pelamar agen dengan merekrut dari luar perusahaan baik melalui media cetak maupun elektronik seperti koran, facebook, Job Fair, rekomendasi karyawan, dan lain-lain. Adapun rasio dalam setiap bulannya yaitu 5:1. Seluruh karyawan ikut andil dalam proses rekrutmen dan seleksi, namun segala keputusan penerimaan langsung dilakukan oleh pimpinan yaitu Agency Director. Waktu pelaksanaannya dilakukan secara fleksibel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Achmad Muhammad, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Rekrutmen, Seleksi, PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera
Subjects: Ketenagakerjaan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 21 Mar 2019 13:41
Last Modified: 21 Mar 2019 13:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34017

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum