MEDIA SOSIAL DAN INTERAKSI SOSIAL (STUDI PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)

HARIYANTO, NIM. 162210008 (2018) MEDIA SOSIAL DAN INTERAKSI SOSIAL (STUDI PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MEDIA SOSIAL DAN INTERAKSI SOSIAL (STUDI PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
162210008_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MEDIA SOSIAL DAN INTERAKSI SOSIAL (STUDI PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
162210008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Komunikasi merupakan aspek fundamental dalam kehidupan manusia. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah berkontribusi menjawab kebutuhan manusia untuk berkomunikasi dengan orang lain, baik individu maupun kelompok secara cepat tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Namun, penggunaan media sosial kini telah mengalami penyimpangan (distorsi). Sering kali dijumpai, dua orang mahasiswa yang duduk berhadapan tidak berbicara sama sekali atau satu bahkan kedua-duanya sibuk bersama smartphone. Hal demikian mengakibatkan interaksi sosial menjadi pasif atau terhambat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan motivasi penggunaan media sosial dan mengindentifikasi penggunaan media sosial dalam interaksi sosial Mahasiswa Angkatan 2017 Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik sensus kepada Mahasiswa Angkatan 2017 Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang berjumlah 427 orang. Teknik pengumpulan data ini menggunakan kuesioner (angket). Adapun teknik analisis data menggunakan analisis data statistik deskriptif. Hasil temuan penelitian ini menunjukan penggunaan media sosial oleh Mahasiswa Angkatan 2017 Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta didasarkan atas lima motivasi, yakni pertama, sebanyak 83% didasarkan motivasi informasi. Kedua, sejumlah 60% didasarkan motivasi dakwah. Ketiga, terdapat 54% mahasiswa didasarkan motivasi hubungan personal. Keempat, 46% mahasiswa didasarkan motivasi hiburan. Terakhir, viii hanya 22% mahasiswa didasarkan motivasi identitas personal. Motivasi informasi yang dominan adalah untuk mengetahui kondisi masyarakat umum. Persentasenya mencapai 91%. Motivasi dakwah yakni untuk mencari dan mendapatkan konten ke-Islamanan. Persentasenya mencapai 71%. Motivasi hubungan personal yakni untuk berkomunikasi dengan teman yang dikenal di dunia nyata. Persentasenya mencapai 85%. motivasi hiburan yakni untuk menghilangkan kejenuhan (stress). Persentasenya mencapai 75%. Motivasi identitas personal yakni untuk berbagi pengalaman. Persentasenya mencapai 40%. Temuan selanjutnya menunjukkan penggunaan media sosial dalam interaksi sosial dapat mengakibatkan empat hal: pertama, 61% terjadinya pengisoliran. Kedua, 54% gagal menyampaikan pesan atau berkomunikasi. Ketiga, 45% memperlemah interaksi. Keempat, 31% menghambat interaksi. Hasil temuan tersebut menjadi rambu dan pertimbangan para Mahasiswa Angkatan 2017 Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta agar mampu mengontrol diri untuk tidak mengakses media sosial pada saat bersama temannya. Adapun temuan persentase motivasi dakwah yang cukup tinggi memberi implikasi dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mendalami potensi media sosial yang digunakan untuk kepentingan dakwah. Kata ku

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Subejo, S.P., M.Sc., Ph.D.,
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Media Sosial, Interaksi Sosial
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam (S-2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 22 Mar 2019 09:26
Last Modified: 22 Mar 2019 09:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34040

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum