GERAKAN DAKWAH AL-QUR’AN DI INDONESIA: Studi Sejarah Perkembangan Gerakan Sosial PPPA Daarul Qur’an di Yogyakarta

Iin Nur Zulaili, NIM: 1620510067 (2018) GERAKAN DAKWAH AL-QUR’AN DI INDONESIA: Studi Sejarah Perkembangan Gerakan Sosial PPPA Daarul Qur’an di Yogyakarta. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (GERAKAN DAKWAH AL-QUR’AN DI INDONESIA: Studi Sejarah Perkembangan Gerakan Sosial PPPA Daarul Qur’an di Yogyakarta)
1620510067_BAB- I, V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (GERAKAN DAKWAH AL-QUR’AN DI INDONESIA: Studi Sejarah Perkembangan Gerakan Sosial PPPA Daarul Qur’an di Yogyakarta)
1620510067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tesis ini mengkaji sejarah gerakan sosial Islam PPPA Daarul Qur’an, organisasi Muslim yang bergerak massif dalam bidang dakwah al-Qur’an pasca Orde Baru. Dengan menggunakan pendekatan sejarah sosial dan teori gerakan sosial, tesis ini menganalisis asal-usul munculnya gerakan dakwah PPPA Daarul Qur’an dan transformasinya menjadi sebuah gerakan sosial. Berdasarkan penelitian lapangan, wawancara, partisipasi langsung serta analisis literaturliteratur gerakan sosial, tulisan ini menunjukkan bahwa sejarah sosial dari lahirnya PPPA Daarul Qur’an berangkat dari jaringan lokal yang dibangun oleh Yusuf Mansur melalui gerakan sedekah. Penelitian ini menggambarkan bagaimana PPPA Daarul Qur’an merepresentasikan proses pembelajaran al- Qur’an ke ruang publik dengan konsep sedekah yang kemudian diwujudkan dengan adanya program-program lembaga. Menghafal al-Qur’an memang sudah menjadi tidak asing lagi bagi masyarakat Muslim di Indonesia. Mulai dari era Orde Lama, Orde Baru hingga era kontemporer, dakwah menghafal al-Qur’an disyiarkan oleh berbagai organisasi keagamaan Islam dengan pola perkembangan gerakan yang sangat dinamis. Mulai dari agenda sosial yang dihadirkan, aktor-aktor yang mempopulerkan sampai tokoh internasional yang dijadikan tolok ukur dalam proses menghafal al-Qur’an. Dari hasil penelitian ini telah ditemukan bahwa transformasi pembelajaran al-Qur’an, baik mempelajari atau menghafalnya, tidak hanya terbatas pada lingkup belajar di sebuah pesantren saja, namun lebih jauh telah mengalami perkembangan yang signifikan, ditandai dengan hadirnya program-program berbentuk sosial yang di dalamnya diikuti dengan pembelajaran al-Qur’an, seperti Kampung Bersih, Siaga Bencana, Klinik Daqu, Sedekah Nasional dan program lainnya yang ada di PPPA Daarul Qur’an. Program pembelajaran al-Qur’an saat ini dihadirkan di ruang publik dengan gerakan-gerakan yang besifat sosial kemasyarakatan, gerakan ini dilakukan agar mampu memberikan ketertarikan pada masyarakat secara umum untuk lebih dekat berinteraksi bersama al-Qur’an. Secara khusus, gerakan sosial PPPA Daarul Qur’an ini ingin menghadirkan syiar al-Qur’an yang berbeda dengan lembaga al-Qur’an tradisional sebelumnya. KATA KUNCI: Gerakan Qur’an, Gerakan Sosial, PPPA Daarul Qur’an, Sejarah Sosial

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Ahmad Rafiq, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Gerakan Qur’an, Gerakan Sosial, PPPA Daarul Qur’an, Sejarah Sosial
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Apr 2019 15:54
Last Modified: 04 Apr 2019 15:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34042

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum