PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK LIDAH BUAYA DENGAN PLASTICIZER SORBITOL TERHADAP SIFAT MEKANIK DAN DEGRADASI PLASTIK BIODEGRADABLE PATI GARUT (Maranta arundinacea L)

Dahlia Rahima, NIM. 14630008 (2018) PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK LIDAH BUAYA DENGAN PLASTICIZER SORBITOL TERHADAP SIFAT MEKANIK DAN DEGRADASI PLASTIK BIODEGRADABLE PATI GARUT (Maranta arundinacea L). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK LIDAH BUAYA DENGAN PLASTICIZER SORBITOL TERHADAP SIFAT MEKANIK DAN DEGRADASI PLASTIK BIODEGRADABLE PATI GARUT (Maranta arundinacea L))
14630008_BAB-I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK LIDAH BUAYA DENGAN PLASTICIZER SORBITOL TERHADAP SIFAT MEKANIK DAN DEGRADASI PLASTIK BIODEGRADABLE PATI GARUT (Maranta arundinacea L))
14630008_BAB-II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pembuatan plastik biodegradable yang dibuat dari pati garut, sorbitol, asam asetat, dan akuades dengan penambahan ekstrak lidah buaya telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak lidah buaya terhadap sifat mekanik dan sifat degradasi plastik biodegradable dalam tanah. Metode dalam pembuatan plastik biodegradable dengan penambahan ekstrak lidah buaya ada empat tahap, yaitu pembuatan ekstrak lidah buaya, pembuatan plastik biodegradable, karakterisasi plastik biodegradable, dan uji biodegradasi plastik. Berat ekstrak lidah buaya divariasikan masing-masing yaitu 0; 0,1; 0,3; 0,5; 0,7; dan 1,4 gram. Plastik biodegradable kemudian dikarakterisasi dengan FTIR, untuk mengetahui gugus fungsi dalam plastik. Uji mekanik dilakukan untuk mengetahui ketebalan, kuat tarik, dan elongasi plastik. Uji biodegradasi kemudian dilakukan pada sampel tanah. Kelembapan, pH, dan temperatur tanah dijaga agar selalu konstan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan ekstrak lidah buaya dapat meningkatkan nilai ketebalan plastik sampai 0,11 mm, dan meningkatkan nilai elongasi hingga 16,99% pada penambahan 1,4 gram, namun menurunkan kuat tarik plastik menjadi 4,66 MPa pada penambahan 0,5 gram lidah buaya. Laju serapan air terbaik yang dihasilkan yaitu pada penambahan ekstrak lidah buaya dengan konsentrasi 0,1 gram yang hanya menyerap 30% air. Uji biodegradasi plastik biodegradable menggunakan media tanah menunjukkan bahwa plastik dapat terdegradasi ditanah dalam waktu 12 hari. Kata kunci: Plastik biodegradable, pati garut, ekstrak lidah buaya, sifat mekanik dan biodegradasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Endaruji Sedyadi, S.Si., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Plastik biodegradable, pati garut, ekstrak lidah buaya, sifat mekanik dan biodegradasi.
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Mar 2019 15:48
Last Modified: 22 Mar 2019 15:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34064

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum