SINTESIS SENYAWA 4-DIMETILAMINO BENZALASETON DENGAN TEKNIK GRINDING DAN UJI AKTIVITASNYA SEBAGAI TABIR SURYA

Rizki Cahya Firdaus, NIM. 14630044 (2018) SINTESIS SENYAWA 4-DIMETILAMINO BENZALASETON DENGAN TEKNIK GRINDING DAN UJI AKTIVITASNYA SEBAGAI TABIR SURYA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (SINTESIS SENYAWA 4-DIMETILAMINO BENZALASETON DENGAN TEKNIK GRINDING DAN UJI AKTIVITASNYA SEBAGAI TABIR SURYA)
14630044_BAB-I_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (694kB) | Preview
[img] Text (SINTESIS SENYAWA 4-DIMETILAMINO BENZALASETON DENGAN TEKNIK GRINDING DAN UJI AKTIVITASNYA SEBAGAI TABIR SURYA)
14630044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mensintesis senyawa 4-dimetilaminobenzalaseton dengan teknik grinding dan mengetahui potensinya sebagai senyawa tabir surya. Sintesis senyawa 4-dimetilaminobenzalaseton dilakukan dengan reaksi kondensasi aldol antara 4-dimetilaminobenzaldehida dan aseton dengan katalis NaOH dalam kondisi ice bath. Sintesis dilakukan menggunakan teknik grinding karena dapat mengurangi pemakaian pelarut, penggunaan waktu yang realtif singkat dan memberikan hasil yang baik sesuai dengan kampanye Green Chemistry. Senyawa hasil sintesis selanjutnya ditentukan dengan uji titik lebur dan dilakukan identifikasi struktur senyawa dengan spektrometer inframerah dan 1H-NMR. Hasil sintesis dari senyawa 4-dimetilaminobenzalaseton berupa kristal berwarna kuning dengan rendemen sebesar 33,49% dan titik leleh 65°C. Hasil spektrum IR dibuktikan dengan munculnya serapan C-H alkena pada daerah 3055,24 cm-1 yang didukung dengan pita overtone pada 1897,95 cm-1 sedangkan pada spektra 1H-NMR adanya pergeseran 6,6941-6,6768 ppm yang menunjukkan proton C=C alkena. Uji aktivitas sebagai tabir surya dilakukan menggunakan spektrofotometer UV-Vis untuk menentukan nilai SPF. Senyawa 4-dimetilaminobenzalaseton mempunyai panjang gelombang pada 340 nm yang berpotensi sebagai senyawa tabir surya dengan tipe proteksi UV-A. Dari hasil analisis diperoleh niali SPF sebesar 14,99 dengan tipe proteksi maksimum pada konsentrasi 5 ppm. Kata kunci: Kondensasi aldol, senyawa tabir surya, teknik grinding, 4-dimetilaminobenzalaseton.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Susy Yunita Prabawati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kondensasi aldol, senyawa tabir surya, teknik grinding, 4-dimetilaminobenzalaseton.
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Apr 2019 09:05
Last Modified: 05 Apr 2019 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34067

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum