PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING “RENSI (RELASI DAN FUNGSI)” BERBASIS ANDROID PADA POKOK BAHASAN RELASI DAN FUNGSI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS VIII SMP

Fadlilah Aziz Ramadan, NIM. 14600036 (2018) PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING “RENSI (RELASI DAN FUNGSI)” BERBASIS ANDROID PADA POKOK BAHASAN RELASI DAN FUNGSI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS VIII SMP. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING “RENSI (RELASI DAN FUNGSI)” BERBASIS ANDROID PADA POKOK BAHASAN RELASI DAN FUNGSI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS VIII SMP)
14600036_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING “RENSI (RELASI DAN FUNGSI)” BERBASIS ANDROID PADA POKOK BAHASAN RELASI DAN FUNGSI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS VIII SMP)
14600036_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan mobile learning android yang berkualitas sebagai sumber belajar mandiri siswa. Mobile learning ini berisikan materi Relasi dan Fungsi yang ditujukan untuk siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan metode pengembangan 4D. Tahapan 4D meliputi tahap define (penetapan produk), tahap design (perancangan produk), tahap development (pengembangan produk), dan tahap dissemination (penyebarluasan). Kriteria ketercapaian kualitas pada mobile learning RENSI didapatkan dari pengujian oleh para ahli dan dinyatakan praktis oleh siswa. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa aplikasi mobile learning android RENSI (Relasi dan Fungsi) yang dapat digunakan sebagai alternatif sumber belajar mandiri siswa kelas VIII SMP. Melalui uji coba yang dilakukan oleh ahli materi, mobile learning ini mendapat persentase keidealan pengaplikasian media 94,79% (sangat baik), oleh ahli media mendapatkan persentase keidealan muatan materi 84,38 % (sangat baik) sehingga mobile learning RENSI dikatakan valid. Pengujian untuk mengetahui kepraktisan mobile learning oleh respon siswa memperoleh persentase keidealan kepraktisan penggunaan 76,25% (setuju). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mobile learning RENSI telah layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri siswa kelas VIII SMP. Kata Kunci: Mobile learning, relasi dan fungsi, sumber belajar mandiri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurul Arfinanti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Mobile learning, relasi dan fungsi, sumber belajar mandiri
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Mar 2019 16:05
Last Modified: 22 Mar 2019 16:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34070

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum