ANAK MUDA, DAKWAH JALANAN DAN FRAGMENTASI OTORITAS KEAGAMAAN: Studi Atas Gerakan Dakwah Pemuda Hijrah dan Pemuda Hidayah

Muhamad Ibtissam Han, NIM: 1620010052 (2018) ANAK MUDA, DAKWAH JALANAN DAN FRAGMENTASI OTORITAS KEAGAMAAN: Studi Atas Gerakan Dakwah Pemuda Hijrah dan Pemuda Hidayah. Masters thesis, uin sunan kalia.

[img]
Preview
Text (ANAK MUDA, DAKWAH JALANAN DAN FRAGMENTASI OTORITAS KEAGAMAAN: Studi Atas Gerakan Dakwah Pemuda Hijrah dan Pemuda Hidayah)
1620010052_BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANAK MUDA, DAKWAH JALANAN DAN FRAGMENTASI OTORITAS KEAGAMAAN: Studi Atas Gerakan Dakwah Pemuda Hijrah dan Pemuda Hidayah)
1620010052_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tesis ini mengkaji gerakan dakwah di kalangan anak muda di Bandung, dengan studi kasus Shift Gerakan Pemuda Hijrah dan Pemuda Hidayah. Penelitian ini berkontribusi dalam studi mengenai diseminasi otoritas keagamaan, terutama yang beredar di kalangan anak muda. Penelitian ini adalah studi kualitatif dengan menggunakan metode etnografi selama kurang lebih tiga bulan dengan melakukan serangkaian wawancara mendalam terhadap para aktivis juga jamaah, baik itu dari komunitas Shift Pemuda Hijrah maupun komunitas Pemuda Hidayah, serta partisipasi observasi dengan mengikuti berbagai kegiatan yang mereka selenggarakan. Tesis ini menunjukkan bahwa terdapat kesinambungan antara gerakan dakwah yang dipelopori oleh Shift dengan gerakan yang pernah ada sebelumnya di Bandung, yaitu masjid masih menjadi sentral dalam gerakan dakwah. Namun terdapat juga perubahan dari gerakan sebelumnya yaitu aktor-aktor yang berperan penting dalam gerakan tidak lagi berasal dari tokoh yang memiliki pengakuan di bidang keagamaan baik secara figur pribadi maupun afiliasi dengan lembaga agama yang memiliki otoritas. Mereka justru lahir dari komunitas subkultur anak muda. Perbedaan latar belakang komunitas di kalangan anak muda yang berkaitan dengan perbedaan budaya dan kelas sosial membuat aspirasi mereka berbeda. Upaya akomodasi terhadap aspirasi yang berbeda tersebut melahirkan gerakan dakwah jalanan yang semakin beragam. Pada akhirnya otoritas yang dimiliki oleh figur maupun gerakan tidak terpusat pada satu ustaz dan satu gerakan tetapi menyebar kepada banyak ustaz dan juga gerakan sekaligus menyempit pada segmentasi audiensi tertentu

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Najib Kailani, S.Phil.I, M.A, Ph.D,
Uncontrolled Keywords: Anak Muda, Dakwah Jalanan, Fragmentasi Otoritas Keagamaan.
Subjects: Studi Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Mar 2019 11:31
Last Modified: 23 Mar 2019 11:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34075

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum