IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DESA WANACIPTA DALAM PENGEMBANGAN BADAN USAHA MILIK DESA PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH

VERA AGUSTINA, NIM. 13370080 (2018) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DESA WANACIPTA DALAM PENGEMBANGAN BADAN USAHA MILIK DESA PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DESA WANACIPTA DALAM PENGEMBANGAN BADAN USAHA MILIK DESA PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH)
13370080_BAB-I, V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DESA WANACIPTA DALAM PENGEMBANGAN BADAN USAHA MILIK DESA PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH)
13370080_BAB-II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kebijakan dan penetapan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa memberikan kewenangan kepada pemerintah desa untuk mengelola dan mengembangkan pembangunan desa secara mandiri. Pemerintah desa berperan penting dalam mewujudkan efektifitas pembanguan yang berimbang ditandai dengan meningkatnya partisipasi masyarakat. Arti penting pembangunan daerah pedesan dengan menenpatkan desa sebagai sarana pembangunan, dan masyarakat sebagai subjek pembangunan. Sinergitas kinerja Pemerintah desa dan partisipasi masyarakat merupakan modal utama untuk mewujudkan pembangunan Indonesia dari pinggiran. Pelaksaan pembangunan berupa perumusan dan pelaksanaan program pemerintah desa diharapkan bertumpu pada aspirasi dan kebutuhan masyarakat. Tingkat partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan, pelaksanaan, kemanfaatan dan evaluasi berpengaruh besar tehadap efektifitas pembagunan desa. Dalam hal ini penting kiranya dilakukan sebuah penelitian ilmiah untuk membuktikan peran pemerintah desa dalam merumuskan dan melaksanakan program pembangunan di desa. Penelitian ini menggunakan metode dikriptif yang berusaha menggambarkan pelaksanaan pelbagai program pembanguan dan peran perintah desa. sekaligus melihat tingkat partisipasi masyarakat dalam mewujudkan efektifitas pembangunan di desa Wanacipta. Pengambilan data dilakukan kepada pemerintah desa dan masyarakat yang terdampak langsung terhadap pelaksanaan program pembanguan desa. Penelitian ini menemukan beberapa program pembangunan yang tidak sesuai dengan aspirasi masyarakat desa. hal ini berdampak pada rendahnya partisipasi masyarakat desa untuk andil dalam pembangunan desa. Dampaknya beberapa program pembanguan di desa Wanacipta berjalan tidak sesuai dengan target. Peningkatan perekonomian berupa pengembangan pada sektor pertanian dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tidak memberikan dampak yang signifikan kepada masyarakat. Kata Kunci : Peran Pemerintah dan Pembangunan Desa Wanacipta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DR. OCKTOBERRINSYAH, M.AG.
Uncontrolled Keywords: Peran Pemerintah dan Pembangunan Desa Wanacipta
Subjects: Wirausaha
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Apr 2019 15:56
Last Modified: 10 Apr 2019 15:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34119

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum