STUDI PERBANDINGAN STRUKTUR ANATOMI DAN HISTOLOGI ORGAN INSANG SIDAT (ANGUILLA BICOLOR MCCLELLAND, 1844) DAN BELUT (MONOPTERUS ALBUS ZUIEW, 1793)

ROYHAN GUSTIAN HURRY, NIM. 12640033 (2018) STUDI PERBANDINGAN STRUKTUR ANATOMI DAN HISTOLOGI ORGAN INSANG SIDAT (ANGUILLA BICOLOR MCCLELLAND, 1844) DAN BELUT (MONOPTERUS ALBUS ZUIEW, 1793). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI PERBANDINGAN STRUKTUR ANATOMI DAN HISTOLOGI ORGAN INSANG SIDAT (ANGUILLA BICOLOR MCCLELLAND, 1844) DAN BELUT (MONOPTERUS ALBUS ZUIEW, 1793))
12640033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STUDI PERBANDINGAN STRUKTUR ANATOMI DAN HISTOLOGI ORGAN INSANG SIDAT (ANGUILLA BICOLOR MCCLELLAND, 1844) DAN BELUT (MONOPTERUS ALBUS ZUIEW, 1793))
12640033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Ikan sidat (A. bicolor) dan belut (M. albus) merupakan hewan yang memiliki habitat dengan kadar oksigen yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini mengetahui perbandingan struktur anatomi dan histologi organ pernapasan ikan sidat dan belut. Penelitian ini menggunakan teknik bedah pada pengamatan aspek anatomi dan metode parafin dengan pewarnaan Hematoksilin-Eosin (HE) pada pengamatan histologi. Hasil penelitian menunjukan bahwa anatomi insang pada ikan sidat letaknya berada di sisi kepala, berwarna merah muda, terdiri dari lengkung insang dan filamen insang yang berjumlah 4 lembar. Sedangkan belut sawah terdapat tiga lengkung insang dan struktur tulang yang menghubungkan insang kanan dan kiri. Gambaran histologi insang sidat dan belut sawah terdapat lamela primer, lamela sekunder, sel darah, sel pilar dan sel epitel. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan insang sidat dan belut sawah dari segi anatomi dan histologinya. Perbedaan struktur anatominya terletak pada struktur insang dan lamelanya yang tidak terlihat secara jelas oleh mata pada insang belut. Struktur histologi sidat dan belut memiliki perbedaan pada jumlah dan ukuran filamen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ja’far Luthfi
Uncontrolled Keywords: Anatomi, Belut Sawah (M. albus), Histologi, Ikan sidat (A. bicolor), Organ Insang.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Mar 2019 15:57
Last Modified: 25 Mar 2019 15:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34134

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum