EKSPERIMENTASI MEDIA SCRABBLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHARAH AL-KITABAH SISWA KELAS VII MTs N 3 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Wiwied Fithri Utami, NIM: 14420098 (2018) EKSPERIMENTASI MEDIA SCRABBLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHARAH AL-KITABAH SISWA KELAS VII MTs N 3 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI MEDIA SCRABBLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHARAH AL-KITABAH SISWA KELAS VII MTs N 3 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420098_BAB I_BAB TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.PDF.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI MEDIA SCRABBLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHARAH AL-KITABAH SISWA KELAS VII MTs N 3 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420098_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah masih banyak siswa yang belum bisa menulis huruf Arab dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran bahasa Arab khususnya pada maharah al-kitabah di MTsN 3 Sleman, sehingga hal tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa pada maharah al-kitabah. Oleh karena itu peneliti merasa tertarik untuk membantu siswa dalam pemanfaatan media pembelajaran, dan mencoba menerapkan media scrabble sebagai media pembelajaran yang dapat membantu memperbaiki hasil belajar siswa pada maharah al-kitabah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen atau experimental research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 3 Sleman, Yogyakarta tahun pelajaran 2017/2018 dan diambil sampel sebanyak 69 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Penggunaan media scrabble di kelas VII E diawali dengan guru memberikan contoh mufradat kemudian menjelaskan cara menulisnya. Setelah itu peneliti membagikan media scrabble kepada siswa, kemudian siswa diminta untuk menyusun kosa kata sesuai tema yang telah ditentukan, dari kosakata tersebut siswa diminta untuk menuliskan kembali kosa kata yang sudah disusun dipapan scrabble ke buku tulis, kemudian siswa berlatih membuat kalimat sederhana dari kosa kata yang telah disusun. (2) Pada hasil analisis statistik menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar maharah al-kitabah. Perbedaan hasil belajar ini bisa dilihat dari perubahan rata-rata nilai pretest dan posttest kelas eksperimen. Rata-rata nilai pada kelas eksperimen sebesar 65,31 menjadi 86,34. Kata Kunci: Media Scrabble, Hasil Belajar, Maharah al-Kitabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agung Setiawan, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: edia Scrabble, Hasil Belajar, Maharah al-Kitabah.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Mar 2019 10:26
Last Modified: 26 Mar 2019 10:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34149

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum