UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SD NEGERI BEJI PATUK GUNUNGKIDUL

SAIMUN, NIM. 12415377 (2018) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SD NEGERI BEJI PATUK GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SD NEGERI BEJI PATUK GUNUNGKIDUL)
12415377_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SD NEGERI BEJI PATUK GUNUNGKIDUL)
12415377_BAB-II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Membahas soal emosi sangat erat kaitannya dengan memahami kecerdasan emosi (Emotional Quotient), dimana merupakan kemampuan seseorang untuk memotivasi diri sendiri, bertahan menghadap frustasi, mengendalikan dorongan hati (kegembiraan, kesedihan, kemarahan, dan lain-lain) dan tidak melebih-lebihkan kesenangan, mengatur suasana hati dan mampu mengendalikan stres. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui upaya guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional pada saat proses pembelajaran PAI, dan (2) mengetahui kesulitan yang dihadapi dalam upaya mengembangkan kecerdasan emosional siswa pada saat pembelajaran PAI berlangsung di SD Negeri Beji, Patuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V Beji, Patuk, Gunung kidul. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data dilakukan melalui analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengembangan kecerdasan emosional dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas V SDN Beji, Patuk Gunung kidul meliputi aspek kesadaran diri, pengaturan diri, kemampuan motivasi, empati dan keterampilan sosial. (2) Kesulitan yang dihadapi guru antara lain: pemahaman terhadap kurikulum berbasis karakter yang berbeda antara satu guru dengan guru yang lain dan penggunaan strategi pembelajaran yang kurang menarik, adanya perbedaan latar belakang siswa baik dari lingkungan keluarga atau lingkungan masyarakatnya, adanya siswa yang tidak mengerjakan xi pekerjaan rumah dan tugas yang diberikan dan ada juga beberapa siswa yang kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran, misalnya pada saat diskusi di kelas, dan perbedaan cara pandang antara guru dengan orang tua di rumah dan banyaknya anggota keluarga dalam rumah tangga sehingga menyulitkan pula untuk mengembangkan kecerdasan emosional karena waktu yang terbatas dimiliki orang tua untuk selalu mengawasi perkembangan emosional anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sarjono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Upaya guru Pendidikan Agama Islam, kecerdasan-kecerdasan emosional, pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Apr 2019 08:30
Last Modified: 01 Apr 2019 08:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34252

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum