STUDI KOMPARASI KURIKULUM 2013 DENGAN KURIKULUM 2016 JURUSAN PAI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (ANALISIS KONSEP DAN IMPLEMENTASI)

WIBISONO YUDHI KURNIAWAN, NIM. 13410067 (2018) STUDI KOMPARASI KURIKULUM 2013 DENGAN KURIKULUM 2016 JURUSAN PAI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (ANALISIS KONSEP DAN IMPLEMENTASI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI KURIKULUM 2013 DENGAN KURIKULUM 2016 JURUSAN PAI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (ANALISIS KONSEP DAN IMPLEMENTASI))
13410067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI KURIKULUM 2013 DENGAN KURIKULUM 2016 JURUSAN PAI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (ANALISIS KONSEP DAN IMPLEMENTASI))
13410067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya pembaharuan kurikulum di Jurusan PAI FITK UIN Sunan Kalijaga yang baru saja terjadi yakni pada Tahun Akademik 2016/2017 adalah kurikulum mengacu KKNI dan SN-DIKTI dengan mengintegrasikan dan menginterkoneksikan ilmu keislaman dan ilmu umum. Yang menjadi permasalahan menarik adalah bagaimana konsep kurikulum 2016 Jurusan PAI tersebut dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya yakni kurikulum 2013 Jurusan PAI dan pelaksanaannya pada proses pembelajaran Jurusan PAI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian bagaimana perbandingan konsep dan implementasi antar kedua kurikulum tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan 2 metode yaitu deskriptif kualitatif dan analisis isi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep dari kurikulum 2013 Jurusan PAI FITK UIN Sunan Kalijaga adalah berorientasi pada kompetensi (competency), sedangkan dalam kurikulum 2016 berorientasi pada capaian pembelajaran (learning outcomes). Tujuan dari kedua kurikulum tersebut juga mengacu pada profil lulusan PAI. Materi pembelajaran dalam kurikulum 2013 maupun kurikulum 2016 adalah berbentuk mata kuliah yang merupakan turunan kompetensi. Metode pembelajaran pada kedua kurikulum tersebut menggunakan prinsip Student Centered Learning (SCL). Evaluasi kurikulum dalam kurikulum 2013 dan kurikulum 2016 Jurusan PAI FITK UIN Sunan Kalijaga pada dasarnya menggunakan instrumen rubrik yang dinilai berdasarkan indikator tertentu. 2) Implementasi kurikulum 2013 Jurusan PAI FITK UIN Sunan Kalijaga dilihat dari tujuan kurikulum adalah dituangkan ke dalam Satuan Acara Perkuliahan (SAP). Sedangkan tujuan kurikulum pada kurikulum 2016 dituangkan ke dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Dengan kata lain, terdapat perbedaan istilah dalam kedua kurikulum tersebut. Materi pada kurikulum 2013 Jurusan PAI FITK UIN Sunan Kalijaga lebih menitikberatkan pada aspek kompetensi pedagogik. Sedangkan materi pada kurikulum 2016 lebih menitikberatkan pada aspek konten atau kompetensi profesional. Metode pembelajaran pada kurikulum 2013 dan kurikulum 2016 telah menerapkan prinsip Student Centered Learning (SCL). Evaluasi kurikulum 2016 lebih nampak adanya variasi-variasi pada evaluasi atau penilaian daripada kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Suwadi, M.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Studi Komparasi, Konsep dan Implementasi Kurikulum, Kurikulum 2013 dan Kurikulum 2016 Jurusan PAI FITK UIN Sunan Kalijaga.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Apr 2019 10:41
Last Modified: 01 Apr 2019 10:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34271

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum