TINGKATAN KITAB HADIS PERTAMA: STUDI ATAS PEMIKIRAN SYAH WALI ALLAH AL-DIHLAWI DALAM KITAB HUJJAH ALLAH ALBALIGAH

DIAN AULIA NENGRUM, NIM. 15551020 (2018) TINGKATAN KITAB HADIS PERTAMA: STUDI ATAS PEMIKIRAN SYAH WALI ALLAH AL-DIHLAWI DALAM KITAB HUJJAH ALLAH ALBALIGAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (TINGKATAN KITAB HADIS PERTAMA: STUDI ATAS PEMIKIRAN SYAH WALI ALLAH AL-DIHLAWI DALAM KITAB HUJJAH ALLAH ALBALIGAH)
15551020_SEBELUM_BAB I_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TINGKATAN KITAB HADIS PERTAMA: STUDI ATAS PEMIKIRAN SYAH WALI ALLAH AL-DIHLAWI DALAM KITAB HUJJAH ALLAH ALBALIGAH)
15551020_BAB II_BAB III DAN BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Riwayat yang berasal dari Nabi, dengan rangkaian periwayatan yang berkesinambungan merupakan salahsatu cara untuk memperoleh ilmu mengenai syariat Ilahi dan hukum. Pada saat ini, satu-satunya cara untuk menerima riwayatriwayat tersebut adalah dengan mengikuti kitab-kitab hadis, sebab tidak ada riwayat yang dipercayakan kecuali yang telah dituliskan. Kitab-kitab hadis sendiri pun memiliki tingkatan yang berbeda, sehingga diperlukan penelitian dengan seksama. Salahsatu ulama yang mengkaji tingkatan kitab hadis ialah Syah Wali Allah al-Dihlawi. Beliau membagi kitab hadis berdasarkan validitasnya menjadi empat tingkatan. Diantara tingkatan yang pertama ini terdiri atas tiga kitab yakni, al-Muwatta’ , Sahih Bukhari , dan Sahih Muslim. Syah Wali Allah al-Dihlawi memasukkan kitab Imam Malik sejajar dengan Sahih Bukhari , dan Sahih Muslim. Hal ini berbeda dengan mayoritas ulama yang menilai bahwa tingkatan kitab hadis pertama ialah Sahihain. Oleh karenanya, rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pemikiran al-Dihlawi tentang tingkatan kitab Hadis dalam kitab Hujjah Allah al-Baligah, dan (2) Mengapa Syah Wali Allah al-Dihlawi mengklasifikasikan kitab hadis pertama dengan menyejajarkan al-Muwatta’ Malik dengan Sahihain. Penelitian ini bersifat kepustakaan (library research) - yang sumber primernya adalah kitab Hujjah Allah al-Baligah. Pada mulanya, penulis mengumpulkan data dengan metode dokumentasi, kemudian mengolah data tersebut dengan menggunakan metode deskriptif-analitik, yaitu pengumpulan dan penyusunan data dalam bentuk deskriptif dan kemudian disertai analisis terhadap data yang didapat. Secara praktis, langkah metodologis yang akan penulis lakukan dalam penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut. Pertama, penulis menetapkan tokoh yang dikaji dan objek material yang menjadi fokus kajian, yakni pemikiran Syah Wali Allah al-Dihlawi terhadap tingkatan kitab Hadis. Kedua, mengumpulkan data-data yang terkait dengan Syah Wali Allah al- Dihlawi dan pemikiran yang akan diteliti. Ketiga, mengidentifikasi alasan yang melatarbelakangi Syah Wali Allah al-Dihlawi mengklasifikasikan kitab hadis. Keempat, melakukan penyimpulan sebagai jawaban atas problem penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, tingkatan kitab hadis pertama menurut Syah Wali Allah al-Dihlawi merupakan kitab yang terdiri dari hadis-hadis tingkatan tertinggi, yakni hadis mutawatir. Diantara kitab yang termasuk tingkatan kitab hadis pertama ialah al-Muwatta’ karya Imam Malik, Sahih Bukhari dan Sahih Muslim. Kedua, alasan mengapa Syah Wali Allah al- Dihlawi dalam mengklasifikasikan tingkatan kitab hadis pertama, beliau menyejajarkan al-Muwatta’ Malik dengan Sahihain. Kata kunci: Tingkatan kitab Hadis, Syah Wali Allah al-Dihlawi, Hujjah Allah al- Baligah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Suryadi, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Tingkatan kitab Hadis, Syah Wali Allah al-Dihlawi, Hujjah Allah al- Baligah
Subjects: Ilmu Hadits
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Apr 2019 09:05
Last Modified: 18 Apr 2019 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34285

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum