HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS V SD NEGERI JUMOYO 2 MAGELANG

NAJIBA RAHMAWATI, NIM. 14410111 (2018) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS V SD NEGERI JUMOYO 2 MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS V SD NEGERI JUMOYO 2 MAGELANG)
14410111_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS V SD NEGERI JUMOYO 2 MAGELANG)
14410111_BAB_II_sampai_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang skripsi ini adalah terdapat persepsi siswa kelas V di SD Negeri Jumoyo 2 Magelang terhadap kompetensi pedagogik guru PAI yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tentang hubungan persepsi siswa antara kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar dalam pembelajaran PAI kelas V SD Negeri Jumoyo 2 Magelang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru PAI, bagaimana motivasi belajar siswa dan adakah hubungan presepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian skripsi ini yaitu penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Jumoyo 2 Magelang sebanyak 60 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh dimana seluruh populasi digunakan dalam penelitian. Pengumpulan data dengan mengunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis kolerasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukan (1) Persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru PAI berada pada taraf cukup baik dengan persentase 38,3% dan dengan nilai mean 93 dan standar deviasi 10 (2) Motivasi belajar siswa berada ada taraf sedang dengan presentase 35%. Hal ini ditunjukan dengan nilai mean 73 dan standar deviasi 8 (3) Terdapat kolerasi positif dan signifikan antara persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru PAI dengan motivasi belajar siswa, maka semakain baik persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru, maka semakin tinggi motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI. Hal ini ditunjukan dengan koefisien kolerasi sebesar 0,745 dan signifikasinya sebesar 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru mempengaruhi motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Persepsi Pembelajaran, Kompetensi Pedagogik
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 02 Apr 2019 08:29
Last Modified: 02 Apr 2019 08:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34299

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum