PERBANDINGAN GAYA BELAJAR MAHASISWA AKTIVIS DENGAN NON AKTIVIS DI JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

DINDA DINIATUS SHOLIKHAH, NIM. 14410120 (2018) PERBANDINGAN GAYA BELAJAR MAHASISWA AKTIVIS DENGAN NON AKTIVIS DI JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN GAYA BELAJAR MAHASISWA AKTIVIS DENGAN NON AKTIVIS DI JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
14410120_BAB 1_ IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN GAYA BELAJAR MAHASISWA AKTIVIS DENGAN NON AKTIVIS DI JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
14410120_BAB-II, III,.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya perbedaan antara gaya belajar mahasiswa aktivis dan non aktivis. Mahasiswa aktivis pastinya selalu memiliki kesibukan dalam organisasi, sehingga terkadang mereka kekurangan waktu untuk belajar maupun mengerjakan tugas dari para dosen. Berbeda halnya dengan mahasiswa non aktivis, mereka jauh lebih fokus ketika mengerjakan tugas karena tidak memiliki tanggungan apapun dalam kegiatan sehari-harinya kecuali kuliah. Gaya belajar tentunya sangat berpengaruh bagi kegiatan belajar mahasiswa aktivis maupun mahasiswa non aktivis karena mahasiswa akan merasa nyaman apabila ia dapat mengetahui gaya belajarnya masing-masing. Dari latar belakang di atas muncul ketertarikan penulis untuk melakukan penelitian dengan tema perbandingan gaya belajar mahasiswa aktivis dengan non aktivis di jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang: 1) gaya belajar mahasiswa aktivis, 2) gaya belajar mahasiswa non aktivis, 3) perbandingan gaya belajar mahasiswa aktivis dan non aktivis jurusan PAI angkatan 2015 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar belakang di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dengan subyek mahasiswa aktivis dan non aktivis Pendidikan Agama Islam. Sedangkan, obyek penelitian ini ialah perbandingan gaya belajar mahasiswa aktivis dan non aktivis yang dilakukan dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi dengan metode pendekatan ilmu pendidikan. Hasil penelitian ini ialah; 1) Gaya belajar yang dilakukan mahasiswa aktivis ada dua yang sering digunakan yaitu gaya belajar visual dan gaya belajar auditorial. Penerapan gaya belajar sesuai dengan kemampuan masing-masing mahasiswa namun yang paling banyak digunakan adalah gaya belajar visual karena ketersediaan teman yang dijadikan sebagai pemacu semangat kegiatan belajar. 2) Gaya belajar yang digunakan mahasiswa non aktivis bermacam-macam, ada yang menggunakan gaya belajar visual, gaya belajar auditorial ada juga yang menerapkan gaya belajar kinestetik. 3) Persamaan mahasiswa aktivis dengan mahasiswa non aktivis adalah sama-sama memiliki alokasi waktu untuk belajar dan memiliki sebuah tanggung jawab untuk belajar. Perbedaannya adalah alokasi waktu belajar mahasiswa aktivis tidak teratur. Sedangkan mahasiswa non aktivis lebih teratur dan lebih terjadwal. Gaya belajar aktivis biasa dilakukan dengan teman-teman organisasi sedangkan mahasiswa non aktivis cenderung lebih terbiasa dengan pola belajar mandiri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Rofik M. Ag.,
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Mahasiswa aktivis, Mahasiswa non aktivis
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 02 Apr 2019 08:39
Last Modified: 02 Apr 2019 08:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34301

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum