PERAN PONDOK PESANTREN AL-MUNA DALAM MEMBENTUK NILAI-NILAI KARAKTER SANTRI MI MA’ARIF GIRILOYO I IMOGIRI BANTUL

IQNA SUPRIYATNA, NIM. 12480014 (2018) PERAN PONDOK PESANTREN AL-MUNA DALAM MEMBENTUK NILAI-NILAI KARAKTER SANTRI MI MA’ARIF GIRILOYO I IMOGIRI BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PONDOK PESANTREN AL-MUNA DALAM MEMBENTUK NILAI-NILAI KARAKTER SANTRI MI MA’ARIF GIRILOYO I IMOGIRI BANTUL)
12480014_BAB-I_IV-atauV-BAB V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PERAN PONDOK PESANTREN AL-MUNA DALAM MEMBENTUK NILAI-NILAI KARAKTER SANTRI MI MA’ARIF GIRILOYO I IMOGIRI BANTUL)
12480014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah fakta bahwa saat ini telah terjadi demoralisasi di Indonesia yang menuntut adanya peningkatan kualitas pendidikan secara menyeluruh. Sebagai lembaga pendidikan Islam, Pondok Pesantren Al-Muna merupakan lembaga pendidikan yang bernuansa salaf (tradisional / klasik). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) Peran Pondok Pesantren Al-Muna dalam membentuk nilai-nilai karakter siswa kelas IV MI Ma‟arif Giriloyo I dan 2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan peran PP. Al-Muna dalam membentuk nilai-nilai karakter siswa kelas IV MI Ma‟arif Giriloyo I. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach). Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Peran Pondok Pesantren Al-Muna dalam membentuk nilai-nilai karakter siswa kelas IV yaitu : merumuskan tujuan dan konsep pendidikan yang jelas, membentuk lingkungan yang kondusif, menetapkan tata tertib dan peraturan pondok, serta membuat program kegiatan santri yang bersifat harian, mingguan dan bulanan. 2) Nilai-nilai pendidikan karakter yang meonjol ialah : nilai religius, nilai kedisiplinan, nilai tanggung jawab, nilai kerja keras, nilai mandiri dan nilai bersahabat. 3) Model keteladanan yang ada di PP. Al- Muna antara lain : Berupa tindakan atau contoh langsung dari pak kiainya dan juga melaui ucapan atau nasehat dari pak kiainya. 4) Faktor pendukung yang dialami PP. Al-Muna dalam membentuk nilai-nilai karakter siswa kelas IV antara lain : Jiwa keagamaan, sikap positif siswa, dukungan dari lingkungan. Sedangkan factor penghambatnya antara lain : rendahnya minat siswa untuk mondok di pesantren, kurangnya bimbingan yang intensip dari pengurus pondok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. Jauhar Hatta. M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Peran, Pondok pesantren, Nilai-nilai Karakter, Siswa, Santri.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 04 Apr 2019 13:55
Last Modified: 04 Apr 2019 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34343

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum