KEMAMPUAN GURU KELAS ATAS DALAM MENERAPKAN LITERASI INFORMASI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD MUHAMMADIYAH KLECO 1 YOGYAKARTA

MUHAMMAD RAKA ANANTAMA, NIM. 13480009 (2018) KEMAMPUAN GURU KELAS ATAS DALAM MENERAPKAN LITERASI INFORMASI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD MUHAMMADIYAH KLECO 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEMAMPUAN GURU KELAS ATAS DALAM MENERAPKAN LITERASI INFORMASI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD MUHAMMADIYAH KLECO 1 YOGYAKARTA)
13480009_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KEMAMPUAN GURU KELAS ATAS DALAM MENERAPKAN LITERASI INFORMASI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD MUHAMMADIYAH KLECO 1 YOGYAKARTA)
13480009_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan ICT yang pesat berdampak pada penelusuran sumber informasi berbasis elektronik sebagai sebuah pekerjaan yang cukup rumit bagi pengguna yang belum terbiasa berinteraksi dengan sumber-sumber informasi. Hal ini berdampak pada dokumen yang dapat ditemukan serta relevansi dokumen dengan kebutuhan informasi. Guru harus bersikap sebagai seorang yang intelektual, artinya seseorang yang terus mau berkembang dan belajar seumur hidup, tidak pernah puas dengan yang dimengerti, mau membawa perubahan, berpikir kritis, rasional, bebas mengembangkan pemikiran dengan demikian akan memunculkan inovasi pendidikan di setiap sekolah. Penelitian bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kemampuan literasi informasi guru di SD Muhammadiyah Kleco 1 Yogyakarta. 2) mendeskripsikan upaya penerapan literasi informasi guru di SD Muhammadiyah Kleco 1 Yogyakarta. mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung dalam mengembangkan kemampuan literasi informasi guru di SD Muhammadiyah Kleco 1 Yogyakarta. Peneliti menggunakan jenis penelitian studi kasus. Metode penelitian ini adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci.Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model-model Miles dan Huberman yang terdiri dari data reduksi, data display, conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi literasi informasi guru kelas atas di SD Muhammadiyah Kleco 1 Yogyakarta meliputi (1) mampu menentukan jenis dan sifat informasi, (2) mampu mengakses informasi secara objektif dan efisien, (3) mampu mengevaluasi informasi, (4) mampu menggunakan dan menyampaikan informasi, (5) mampu memahami isu ekonomi, sosial dan hukum. Proses penerapan literasi informasi dalam pembelajaran tematik di SD Muhammadiyah Kleco 1 Yogyakarta melalui beberapa tahapan, (1) merespon aturan dinas memverifikasi dan mengkonfirmasi dasar regulasi kebijakan, (2) berdasar pada informasi atau sumber tertulis, (3) mengumpulkan informasi pendukung, (4) menyeleksi informasi yang valid dan terpercaya, (5) menyampaikan informasi kepada siswa. Meskipun begitu tentunya ada faktor penghambat proses penerapan literasi informasi guru kelas atas dalam pembelajaran tematik di SD Muhammadiyah Kleco 1 Yogyakarta adalah akses internet sekolah yang masih kurang dan minimnya minat membaca para guru di SD Muhammadiyah Kleco 1 Yogyakarta. Faktor pendukung proses penerapan literasi informasi guru kelas atas dalam pembelajaran tematik di SD Muhammadiyah Kleco 1 Yogyakarta adalah penyelenggaraan workshop maupun seminar yang di adakan pihak sekolah dan perpustakaan yang lengkap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I.,
Uncontrolled Keywords: Literasi Informasi, Guru Kelas Atas, Pembelajaran Tematik
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 04 Apr 2019 14:28
Last Modified: 04 Apr 2019 14:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34348

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum