EFEKTIVITAS STRATEGI ZIGZAG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI TEMA 7 SEJARAH PERADABAN MANUSIA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN JAGERAN BANTUL

RIDWAN SYARIF MUSTOFA, NIM. 13480030 (2018) EFEKTIVITAS STRATEGI ZIGZAG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI TEMA 7 SEJARAH PERADABAN MANUSIA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN JAGERAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS STRATEGI ZIGZAG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI TEMA 7 SEJARAH PERADABAN MANUSIA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN JAGERAN BANTUL)
13480030_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS STRATEGI ZIGZAG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI TEMA 7 SEJARAH PERADABAN MANUSIA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN JAGERAN BANTUL)
13480030_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan kemampuan menulis antara siswa yang menggunakan strategi zigzag dengan siswa yang tidak menggunakan strategi zigzag, dan 2) efektivitas strategi zigzag dalam meningkatkan kemampuan menulis kelas V SDN Jageran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Jageran yang berjumlah 62 siswa terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen tes menggunakan jenis tes tertulis yang melalui analisis validitas. Teknik analisis data dengan cara uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis statistika non-parametrik yaitu uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan menulis narasi antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi zigzag dengan siswa yang tidak menggunakan strategi zigzag. Hal ini dibuktikan dari analisis uji Mann Whitney data pre test diperoleh nilai Asymp.Sig.(2-tailed) 0,017 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dan analisis uji t data post test diperoleh nilai Asymp.Sig.(2-tailed) 0,028 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. 2) Hasil uji efektivitas menggunakan uji Gain Score diperoleh Asymp.Sig.(2-tailed) = 0,000 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya strategi zigzag teruji efektif dalam pembelajaran kemampuan menulis narasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, strategi zigzag, kemampuan menulis narasi.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 04 Apr 2019 14:50
Last Modified: 04 Apr 2019 14:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34351

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum