EFEKTIVITAS METODE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV MI AL-ISLAMIYAH GROJOGAN BANTUL

UMMUN MAYESTY, NIM. 13480117 (2018) EFEKTIVITAS METODE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV MI AL-ISLAMIYAH GROJOGAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV MI AL-ISLAMIYAH GROJOGAN BANTUL)
13480117_ BAB-II_V_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV MI AL-ISLAMIYAH GROJOGAN BANTUL)
13480117_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya sikap tanggung jawab siswa dalam belajar kelompok. Melihat realita di lapangan terkait rendahnya sikap tanggung jawab siswa, metode numbered heads together (NHT) bisa dijadikan solusi karena cocok untuk memastikan akuntabilitas individu dalam diskusi kelompok dan bertujuan memberi kesempatan siswa untuk saling berbagi gagasan, mempertimbangkan jawaban yang paling tepat, serta meningkatkan semangat kerja siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) perbedaan nilai rata-rata sikap tanggung jawab siswa pada pembelajaran tematik yang menggunakan metode numbered heads together dengan metode konvensional 2) mengetahui keefektifan metode numbered heads together dibanding metode konvensional pada pembelajaran tematik terhadap sikap tanggung jawab siswa. Desain Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen semu. Populasi dalam penelitian berjumlah 60 dan menggunakan sampel jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sampel yaitu siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket (kuesioner) dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah angket (kuesioner) dan lembar observasi. Analisis yang digunakan berupa uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat berupa normalitas dan homogenitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis statistik nonparametrik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Berdasarkan analisis uji mann whitney u n-gain, diperoleh nilai signifikansi 0,003 (0,0030,05) yang berarti hipotesis diterima. Artinya, adanya perbedaan sikap tanggung jawab siswa pada pembelajaran tematik yang menggunakan metode numbered heads together dengan metode konvensional pada taraf kepercayaan 5%. 2) Sumbangsih efektivitas metode numbered heads together pada pembelajaran tematik terhadap sikap tangung jawab siswa adalah 1,95. Perhitungan sumbangsih efektivitas didapatkan dengan menggunakan rumus n-gain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Maemonah, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together, Sikap Tanggung Jawab, Pembelajaran Tematik
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Apr 2019 09:06
Last Modified: 05 Apr 2019 09:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34356

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum