PELAKSANAAN PPL DAN KKN DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-MANAR KAB. SEMARANG

ALWI HAKIM ALWI HAKIM, NIM. 14410177 (2018) PELAKSANAAN PPL DAN KKN DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-MANAR KAB. SEMARANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PPL DAN KKN DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-MANAR KAB. SEMARANG)
14410177_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PPL DAN KKN DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-MANAR KAB. SEMARANG)
14410177_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Pondok Pesantren Al-Manar telah menerapkan pelaksanaan program PPL dan KKN kepada santrinya untuk mengembangkan sikap, kepribadian, keterampilan mengajar, mengabdi dan belajar dalam kehidupan masyarakat. Dalam kenyataannya PPL dan KKN selama ini merupakan program kegiatan yang diterapkan pada lembaga pendidikan Perguruan Tinggi. Akan tetapi Pondok Pesantren Al-Manar sebagai lembaga pendidikan Islam melakukan terobosan baru dengan menerapkan program PPL dan KKN sehingga santri memiliki pengalaman praktik mengajar dan mengabdi kepada masyarakat. Meskipun istilah yang dipakai sama dengan Perguruan Tinggi tetapi dari segi metode, cara dan proses pelaksanaannya berbeda. Yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan PPL dan KKN di Pondok Pesantren Al-Manar dan apa saja kelebihan dan kekurangan pelaksanaan PPL dan KKN di Pondok Pesantren Al-Manar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah pengasuh, pengurus dan santri peserta PPL dan KKN Pondok Pesantren Al-Manar. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan agar mudah dipahami. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proragram PPL dan KKN dilaksanakan satu tahun sekali setiap semester genap kalender pendidikan pondok pesantren Al-Manar, PPL dan KKN dilaksanakan oleh santri kelas VII Maddin Pondok Pesantren Al-Manar, PPL dan KKN dilaksanakan secara terjadwal dan terencana dimulai dari persiapan pengurus, panitia, dan santri kelas VII Madin, sosialisasi dan pembekalan PPL dan KKN, Pelaksanaan Kegiatan PPL dan KKN, dan penutupan pelaksanaan kegiatan, lokasi pelaksanaan PPL adalah di Pondok Pesantren Al-Manar sendiri, sedangkan KKN para santri diterjunkan di masyarakat atau pondok pesantren tertentu. (2) Kelebihan dan kekurangan pelaksanaan PPL dan KKN Pondok Pesantren Al-Manar antara lain: a). Kelebihan, menyediakan fasilitas dalam mengembangkan kompetensi para santri di Pondok Pesantren Al-Manar melalui praktik pengajaran secara langsung di dalam kelas dan belajar di masyarakat. b). Kekurangan, masih terdapat kendala terhadap persiapan oleh para pengurus sebagai panitia pelaksanaan PPL dan KKN meskipu program tersebut tetap berjalan secara lancer, kurangnya sikap keseriusan dan bekal mental oleh para santri dalam mengikuti pelaksanaan PPL dan KKN pondok Pesantren Al-Manar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Radino, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren, PPL dan KKN.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Apr 2019 10:05
Last Modified: 05 Apr 2019 10:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34363

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum