HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN AKHLAK SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 BANTUL

ISTIQOMAH NURUL SYAHIDAH, NIM. 14410187 (2018) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN AKHLAK SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN AKHLAK SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 BANTUL)
14410187_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DENGAN AKHLAK SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 BANTUL)
14410187_BAB-II_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini yakni pendidikan akhlak adalah sangat penting dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Karena akhlak merupakan fondasi (dasar) yang utama dalam pembentukan pribadi manusia yang seutuhnya. Manusia di zaman modern ini dihadapkan pada masalah moral dan akhlak yang cukup serius, yang kalau dibiarkan akan menghancurkan masa depan bangsa. Berbagai macam permasalahan akhlak siswa yang terdapat di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bantul diantaranya adalah kurangnya kejujuran, kesadaran beragama, dan ketaatan dalam beribadah. Kemudian dengan adanya kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) saat ini, muncul berbagai macam aplikasi-aplikasi canggih yang semakin memperluas hubungan ataupun jaringan seseorang dalam bersosial, salah satunya adalah aplikasi media sosial instagram yang merupakan salah satu aplikasi yang sangat diminati termasuk oleh para siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bantul. Dengan perkembangan yang ada tidak menutup kemungkinan bahwa media sosial instagram dapat membawa efek negatif terhadap akhlak seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan media sosial instagram dengan akhlak. Hipotesis awal penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan media sosial instagram dengan akhlak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII dan VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bantul tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 210 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 131 siswa yang diambil menggunakan teknik random sampling. Alat pengumpul data menggunakan angket intensitas penggunaan media sosial instagram dan angket akhlak siswa. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi Rank Spearman dengan bantuan aplikasi SPSS Statistics 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Intensitas penggunaan media sosial instagram oleh siswa tergolong rendah. 2) Akhlak siswa tergolong sedang. 3) Tidak ada hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan media sosial instagram dengan akhlak siswa. Nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar -0,073 dengan angka probabilitas sebesar 0,049 (p 0,05), dengan demikian HA ditolak dan H0 diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sukiman, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Intensitas, Instagram, Akhlak.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Apr 2019 10:32
Last Modified: 05 Apr 2019 10:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34367

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum