EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM SOAL CERITA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA SISWA KELAS I SD MUHAMMADIYAH BODON

SIWI AMINAH PANGESTU, NIM. 14480009 (2018) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM SOAL CERITA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA SISWA KELAS I SD MUHAMMADIYAH BODON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM SOAL CERITA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA SISWA KELAS I SD MUHAMMADIYAH BODON)
14480009_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (66MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM SOAL CERITA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA SISWA KELAS I SD MUHAMMADIYAH BODON)
14480009_BAB-II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Peserta didik kelas I SD Muhammadiyah Bodon mengalami kesulitan pada fokus pembelajaran matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah dalam bentuk soal cerita. Sehingga diberi alat peraga dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas pembanding serta untuk mengetahui keefektifan penggunaan alat peraga dalam soal cerita terhadap kemampuan berhitung matematika. Alat peraga yang digunakan pada fokus pembelajaran matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah dalam soal cerita ini menggunakan alat peraga manipulatif kue donat. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 peserta didik (kelas IA) dan 28 peserta didik (kelas IB). Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes uraian. Analisis data yang digunakan berupa statistik parametrik yaitu uji-t independent (independent samples t-test) dan uji efektivitas menggunakan gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan alat peraga dalam soal cerita dan nilai rata-rata kelas pembanding yang tidak menggunakan alat peraga dalam soal cerita, hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan uji-t (independent samples t-test) yang menyatakan nilai thitung ttabel (8,369 2,005) pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) dengan nilai P-value sebesar 0,000 0,05 yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Penggunaan alat peraga dalam soal cerita efektif terhadap kemampuan berhitung matematika peserta didik kelas I SD Muhammadiyah Bodon. Keefektifan tersebut dapat dilihat dari (1) perhitungan uji gain ternormalisasi yang artinya ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas ekperimen yang ditunjukkan oleh rata-rata normalisasi gain sebesar 0,55 yang diinterpretasikan dalam kategori sedang, (2) hasil belajar peserta didik yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 74 sebanyak 92,86%, pada kelas pembanding sebanyak 25% yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Siti Fatonah, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga Manipulatif Kue Donat, Soal Cerita, Kemampuan Berhitung Matematika
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Apr 2019 11:04
Last Modified: 05 Apr 2019 11:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34369

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum