HUBUNGAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE IQRO’ TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS SISWA KELAS IV MI AL-IMAN SOROGENEN BANTUL

LAILY MUWAFFIQOH, NIM. 14480041 (2018) HUBUNGAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE IQRO’ TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS SISWA KELAS IV MI AL-IMAN SOROGENEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE IQRO’ TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS SISWA KELAS IV MI AL-IMAN SOROGENEN BANTUL)
14480041 _BAB- I_IVatau-BAB V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN MENGGUNAKAN METODE IQRO’ TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS SISWA KELAS IV MI AL-IMAN SOROGENEN BANTUL)
14480041 _BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa al-Qur’an merupakan pedoman hidup umat Islam. Pengetahuan al-Qur’an dapat diperoleh melalui membaca dan menulis. Maka kemampuan baca tulis al-Qur’an harus dimiliki oleh setiap individu. Mata pelajaran al-Qur’an Hadis berkaitan dengan kemampuan baca tulis al-Qur’an karena salah satu tujuan mata pelajaran al-Qur’an Hadis adalah menekankan kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an dan hadis dengan benar. Pembelajaran baca tulis al-Qur’an menggunakan metode Iqro’ sudah diterapkan di MI al-Iman Sorogenen, akan tetapi masih banyak siswa yang belum lancar kemampuan baca tulis al-Qur’an-nya. Begitu pula hasil belajar al-Qur’an Hadis-nya. Dari semua siswa kelas IV hanya 6,8 persen yang nilainya tuntas dan yang lainnya masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Di mana KKM yang ditetapkan oleh pihak madrasah adalah 75. Adapun tujuan penelitian ini adalah; (1) Mengetahui seberapa besar kemampuan baca tulis al-Qur’an menggunakan metode Iqro’ siswa kelas IV MI al-Iman Sorogenen, (2) Mengetahui seberapa besar hasil belajar al-Qur’an Hadis siswa kelas IV MI al-Iman Sorogenen, (3) Mengetahui ada tidaknya hubungan positif yang signifikan antara kemampuan baca tulis al-Qur’an menggunakan metode Iqro’ terhadap hasil belajar al-Qur’an Hadis siswa kelas IV MI al-Iman Sorogenen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode korelasional yang terdiri dari dua macam variabel yang dibedakan menjadi variabel bebas (X) yaitu kemampuan baca tulis al-Qur’an dan variabel terikat (Y) hasil belajar al-Qur’an Hadis siswa kelas IV MI al-Iman Sorogenen. Penelitian ini mengambil populasi serta sampel seluruh siswa kelas IV MI al-Iman Sorogenen yang berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes, sedangkan analisis datanya menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) besarnya nilai kemampuan baca tulis al-Qur’an di kelas IV MI al-Iman Sorogenen Bantul yang menggunakan metode Iqro’ adalah 71,3 masuk dalam kategori “cukup baik”, (2) besarnya hasil belajar al-Qur’an Hadis siswa kelas IV MI al-Iman Sorogenen Bantul adalah 61,7 masuk dalam kategori “cukup baik”, (3) ada hubungan positif yang signifikan antara kemampuan baca tulis al-Qur’an menggunakan metode Iqro’ terhadap hasil belajar al-Qur’an Hadis. Berdasarkan analisis data menggunakan teknik korelasi product moment diketahui koefisien korelasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Maemonah, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Baca Tulis al-Qur’an, Metode Iqro’, Hasil Belajar, al- Qur’an Hadis
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Apr 2019 14:46
Last Modified: 05 Apr 2019 14:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34381

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum