PENERAPAN STRATEGI GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TARIKH DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 TEMON

HAMIDA RAHMAD ADIJAYA, NIM. 14416007 (2018) PENERAPAN STRATEGI GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TARIKH DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 TEMON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TARIKH DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 TEMON)
14416007_COVER_BAB I_BAB IV DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TARIKH DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 TEMON)
14416007_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Problem pengelolaan kelas (Classroom Management), yaitu masalah yang di hadapi seorang guru dalam mengelola kelas. Selama ini guru dalam menyampaikan proses pendidikan dan pengajarannya masih berkutat pada metode atau cara-cara lama yakni melalui ceramah-ceramah atau metode konvensional, klasikal, dan tradisional, meskipun cara tersebut tidak semuanya salah, selain itu juga guru dalam proses pengajarannya baru sebatas mentransfer ilmu dan materi akademis merupakan konsep untuk dihafal peserta didik bukan sebagai transformasi ilmu itu sendiri. Hal ini bagi pendidik dianggap lebih efektif dan efisien, serta dapat menghemat waktu dan biaya. Pembelajaran Tarikh masih menerapkan metode konvensional sehingga minat siswa belajar menurun dan berdampak pada motivasi. Bagi guru mengetahui motivasi belajar dari siswa sangat diperlukan guna memelihara dan meningkatkan semangat belajar siswa. Bagi siswa motivasi belajar dapat menumbuhkan semangat belajar sehingga siswa terdorong untuk melakukan perbuatan belajar. Siswa melakukan aktivitas belajar dengan senang karena didorong motivasi. Tujuan penelitian ini adalah: pertama mendeskripsikan penggunaan strategi pembelajaran Guided Note Taking pada mata pelajaran Tarikh (SKI) kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Temon. Kedua meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan strategi Guided Note Taking pada mata pelajaran Tarikh (SKI) kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Temon. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan mengambil latar di SMP Muhammadiyah 1 Temon. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpalan data melalui Tes, Observasi, Angket, Wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data dilakukan dengan menyeleksi, memfokuskan dan menyederhanakan semua data yang diperoleh mulai awal pengumpulan sampai penyusunan laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi sudah sesuai dengan prosedur, dibuktikan dengan langkahlangkah dalam proses pembelajaran dengan strategi Guided Note Taking. Selain itu Strategi Guided Note Taking dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Tarikh. Dari nilai rata-rata prasiklus 72,7 %, nilai rata-rata meningkat menjadi 74,4% pada siklus I dan nilai rata-rata 80,6% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Rofik, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, Guided Note Taking
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Apr 2019 14:59
Last Modified: 05 Apr 2019 14:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/34385

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum